Apa itu NFT?

 

BAB 1
Pengantar NFT

Dengan banyak akun, Google terlambat ke permainan mesin pencari. Didirikan pada tahun 1998, itu adalah 24 th mesin pencari untuk datang ke tempat kejadian. Apa Google 24 th sekarang?

Larry Page dan Sergey Brin, salah satu pendiri Google, berfokus pada membedakan mesin telusur mereka dan menciptakan produk yang menarik sejak awal. Memonetisasi mesin pencari adalah sebuah renungan. Mesin pencari adalah tentang menghubungkan orang-orang dari kueri ke tujuan. Ini adalah permainan memahami maksud pengguna. Apa yang ingin mereka temukan? Idealnya, mesin melakukannya dengan benar pada hasil pencarian pertama; jika tidak, Anda memaksa pengguna untuk bekerja keras menemukan apa yang mereka cari.

Ide revolusioner Google adalah PageRank , sistem peringkat yang memprioritaskan halaman web berdasarkan bukti sosial. Semakin banyak domain lain menautkan ke halaman web, semakin tinggi peringkatnya di hasil pencarian Google karena ada bukti sosial dari pengguna lain bahwaitu adalah sumber yang bermanfaat. Metode pengindeksan Google sangat kontras dengan mesin pencari lainnya, yang memberi peringkat halaman dengan menganalisis konten halaman untuk kepadatan kata kunci.

Didukung oleh teori peringkat konten web yang unggul ini, Google menunjukkan janji untuk memiliki utilitas yang lebih baik daripada mesin pencari lainnya saat itu. Ini juga menarik perhatian para pionir komputasi. Bahkan sebelum Google didirikan, ia menerima investasi pertamanya sebesar $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems—sebuah legenda di dunia komputasi. Google melengkapi investasi ini pada tahun 1998 dengan uang dari tiga investor malaikat lainnya, termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos, profesor ilmu komputer Universitas Stanford David Cheriton, dan pengusaha Ram Shriram.

Page dan Brin hanyalah sepasang anak pintar dari Stanford yang mencoba memecahkan masalah di Internet. Fokus laser mereka dalam menciptakan produk hebat yang memahami maksud pencarian pengguna adalah utilitas yang mereka bawa ke dunia. Utilitas yang mereka buat cukup menarik perhatian beberapa nama besar di bidang teknologi. Tidak sampai dua tahun kemudian mereka akhirnya memasukkan AdWords ke dalam mesin pencari mereka dan memonetisasi lalu lintas mereka.

Kami melihat banyak kesamaan ketika membandingkan hari-hari awal Internet dengan token non-fungible awal (NFT). Sebagian besar NFT tidak memiliki utilitas di luar spekulasi investasi—dengan cara yang hampir sama seperti Ask Jeeves dan Yahoo Search hanya bergabung dalam aksi mesin pencari tanpa diferensiasi nyata. Dan karena kita berada di masa awal NFT, proyek tanpa arah ini bisa mendapatkan banyak perhatian, meskipun tidak ada kasus penggunaan untuk mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, kita akan melihat fokus yang lebih besar pada NFT dengan utilitas—proyek token yang memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu yang unik bagi pengguna. Proyek-proyek yang tidak memiliki kasus penggunaan akan kehilangan uang nyata yang akan dihasilkan beberapa tahun dari sekarang.

Ambil contoh, Bored Ape Yacht Club. Para pendiri telah menciptakan 10.000 NFT Kera Bosan yang bertindak sebagai kartu keanggotaan ke dalam Internet Yacht Club. Saat ini, kartu keanggotaan ini memberi Anda akses ke kamar mandi digital tempat Anda dapat mengambil “pena” dan menggambar, menulis, atau membuat coretan di dinding setiap 15 menit. Kedengarannya tidak penting, tetapi ini adalah pengalaman yang unik. Mereka telah mengukir lingkungan digital yang hanya diperuntukkan bagi pemilik NFT Kera Bosan. Ya, Kera Bosan pada dasarnya adalah barang koleksi. Tapi akses dan utilitas yang mereka berikan yang menggairahkan kami untuk masa depan proyek ini.

Access mungkin merupakan kasus penggunaan NFT yang paling signifikan saat ini. Dengan kata lain, untuk apa memiliki NFT memberi Anda akses? Kita pasti akan melihat kegunaan NFT melampaui ini. Terutama mengingat banyaknya variasi dan keragaman orang yang masuk ke NFT saat ini, ada begitu banyak individu yang menarik dengan semua jenis ide yang berkumpul untuk berkolaborasi dan menciptakan pengalaman ajaib.

Sekarang saatnya bereksperimen, berkolaborasi dengan orang lain, dan tidak bekerja dalam silo. Buku ini adalah produk dari dua orang yang bereksperimen dengan NFT di bidangnya masing-masing dan memulai percakapan acak yang menggelembung menjadi lebih banyak lagi.

QuHarrison Terry bekerja untuk menjual NFT WorldStarHipHop Chain dan menciptakan likuiditas untuk NFT yang berfokus pada budaya pop. Matt Fortnow menciptakan NFT Three Stooges resmi dan merenungkan bagaimana kekayaan intelektual ikonik bisa eksis sebagai NFT.

Mari kita putar kembali rekaman itu ke awal Internet 1.0 hari: 1995. Matt mempraktikkan hukum hiburan di New York City ketika beberapa saudara dari Universitas Carnegie Mellon merekrutnya untuk memulai sebuah perusahaan Internet. Mereka mendirikan Commissioner.com, layanan olahraga fantasi pertama di Web, yang mereka jual ke CBS SportsLine pada tahun 1999. Selalu mencarimengembangkan penggunaan untuk teknologi baru, Matt sangat terlibat dalam blockchain pada tahun 2015, realitas virtual/augmented reality (VR/AR) pada tahun 2016, dan NFT pada tahun 2020. Sebenarnya melalui koneksi VR/AR ia bertemu dengan QuHarrison.

QuHarrison mengingat:

“Suatu hari saya mendapat telepon dari seorang teman yang mengatakan saya harus berbicara dengan pria Matt Fortnow ini. Ini adalah puncak awal hype NFT pada Maret 2021, jadi saya terbiasa berbicara dengan banyak orang tentang banyak ide NFT setiap hari. Percakapan itu berlangsung sendiri dan berlangsung selama beberapa jam. Kami baru saja membahas tentang bagaimana NFT semua tentang penjualan dan likuiditas, kemungkinan tokenizing IP dan aliran pendapatan, dan hanya bersenang-senang berbagi ide. Di akhir percakapan, kami seperti, 'Ya, kami perlu menulis buku tentang ini.' Dan begitulah cara seorang pemasar dan pengusaha yang beralih menjadi pengacara datang untuk menulis buku tentang NFT. Secara harfiah percakapan kebetulan seputar budaya NFT bersama ini. Dan saya pikir itulah keindahan ruang ini sekarang. Di ambang setiap teknologi baru,

Anda mungkin merasa seperti Anda terlambat ke NFT. Tetapi Anda sebenarnya berada di awal skema besar karena kita belum melihat semua kasus penggunaan teknologi ini. Sebagai referensi, hanya ada sekitar 130.000 pengguna aktif di OpenSea, pasar NFT terbesar, pada Agustus 2021. Dengan lebih dari empat miliar orang yang memiliki akses ke Internet di seluruh dunia, kita sama sekali tidak berada di dekat masa NFT yang menyenangkan.

Jika Page dan Brin mengira mereka terlambat ke Internet pada tahun 1998, kami tidak akan memiliki mesin pencari paling efektif dan intuitif yang kami miliki saat ini. Tetapi mereka melihat teknologi Internet yang muncul di sekitar mereka dan memiliki teori tentang bagaimana hal itu dapat dilakukan dengan lebih baik. Di situlah kita berada dengan NFT hari ini.

Ambil informasi dalam Buku Pegangan NFT sebagai titik awal perjalanan NFT Anda. Kami akan membawa Anda menelusuri sejarah NFT hingga dasar-dasar pembuatan dan pengumpulan NFT untuk memasarkan NFT Anda, dan banyak lagi. Ada banyak orang berbicara tentang NFT dan berbagi pemikiran, strategi, dan ide mereka. Gunakan buku ini sebagai landasan untuk keluar dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang menarik minat Anda tentang NFT.

Dilengkapi dengan apa yang telah Anda pelajari dalam buku ini, mulailah terhubung dengan orang-orang di ekosistem NFT. Ada banyak komunitas NFT di Twitter, Clubhouse, Discord, Instagram, dan tujuan Internet lainnya dengan orang-orang seperti Anda yang ingin terhubung dan belajar satu sama lain. Pada tahap ini dalam masa pakai NFT, ada gunanya berkomunikasi, bereksperimen, dan berkolaborasi. Pada akhirnya di kanon NFT, kami tidak tahu apakah proyek NFT saat ini yang kami lihat akan lebih mirip dengan Infoseek (salah satu mesin pencari paling awal, tidak ada saat ini) atau Google (terlambat dalam permainan tetapi menciptakan keunggulan produk yang berdiri lebih kuat hari ini).

Kami juga telah membuat TheNFThandbook.comdengan sumber daya dan tautan yang luas. Karena ruang NFT terus berkembang, situs web akan menampilkan informasi terbaru yang sedang berlangsung.

Saat kita menyelam, pertanyaan pertama Anda mungkin, "Apa itu NFT?"

BAB 2
Apa itu NFT?

Bahkan sebelum Anda berpikir tentang token non-fungible (NFT), yang dalam bentuk paling dasar adalah koleksi digital unik yang diamankan oleh blockchain, Anda harus memahami cara kerja koleksi. Mungkin perumpamaan Beanie Babies eklektik berikut akan memperjelas psikologi yang tidak menentu dan eksentrik di balik mengapa kami mengumpulkan.

Mengapa Orang Mengumpulkan

Sebelum NFT, ada Beanie Babies…

Dari perangko hingga senjata Perang Saudara hingga sepatu kets, orang mengumpulkan banyak objek berbeda dalam berbagai format. Jadi, tidak mengherankan jika ada pasar untuk barang koleksi dalam bentuk digital. Secara konseptual, itu membingungkan. Tapi atas dasaringin memiliki barang unik yang tidak dimiliki orang lain, koleksi digital sedikit berbeda dari rekan fisiknya. Oleh karena itu, untuk memahami mengapa orang mengumpulkan NFT, kami akan membandingkannya dengan koleksi fisik yang menggemparkan dunia pada 1990-an: Beanie Babies .

Sejak didirikan pada tahun 1993, Ty Warner, pendiri Beanie Babies, membangun kelangkaan ke dalam produknya. Mainan mewah didistribusikan dalam jumlah kecil ke pengecer kecil, menghindari pengecer berantai dan pesanan besar sama sekali. Ty tidak ingin orang dapat menemukan atau membeli setiap Beanie Baby yang mereka inginkan.

Perusahaan merahasiakan jumlah Beanie Baby yang beredar. Ini "menghentikan" produksi Bayi Beanie tertentu untuk menciptakan lebih banyak eksklusivitas. Itu sengaja membiarkan kesalahan cetak dan Beanie Babies yang salah melalui celah-celah, yang akan menjadi edisi mainan yang sangat langka.

Sekitar waktu yang sama dengan kebangkitan Beanie Babies dalam kesadaran publik, eBay muncul dan memposisikan dirinya sebagai pasar online untuk membeli dan menjual barang koleksi di seluruh dunia. Itu adalah hubungan sinergis yang menggelembungkan nilai jual kembali Beanie Babies dan memvalidasi eBay sebagai alat yang berharga bagi spekulan di semua pasar barang koleksi.

Mereka yang cukup beruntung untuk mendapatkan salah satu dari uang 5 plushi yang sudah pensiun, setidaknya dapat melihat pengembalian dua atau tiga kali lipat dengan mendaftarkannya di eBay. Beberapa kesalahan cetak yang lebih jarang, seperti salah cetak "Pinchers the Lobster" sebagai "Punchers the Lobster," menghasilkan satu kolektor lebih dari $ 10.000.

Kegilaan Beanie Babies sedang memuncak menjelang akhir 1990-an. Perampokan dan bahkan pembunuhan pun terjadi karena pengejaran mainan mewah tersebut. Misalnya, di sebuah toko Hallmark di West Virginia pada tahun 1999, seorang penjaga keamanan ditembak dan dibunuh ketika ketegangan tinggi karena pengiriman Beanie Babies yang terlambat.

Orang dewasa yang waras mencari kesempatan untuk mendapatkan satu Beanie Baby yang mengubah hidup. Satu set perceraian berjuangtentang siapa yang mendapatkan koleksi Beanie Babies, percaya bahwa itu adalah aset paling berharga yang harus dibagi keduanya.

Kemudian pada tahun 1997, McDonald's menggila dengan Ty Inc. Bersama-sama mereka meluncurkan lini produk Teenie Beanies di McDonald's Happy Meals dan mulai menjual 100 juta mainan mewah mini hanya dalam 10 hari.

Majalah, seperti Mary Beth's Beanie World , yang terjual 650.000 eksemplar per bulan pada puncaknya, menerbitkan seluruh spread di Beanie Babies, membahas nilainya sebagai investasi spekulatif, yang, dengan strategi yang tepat, dapat menghasilkan lebih dari cukup untuk mengirim anak ke perguruan tinggi.

Tepat ketika Beanie Babies tampaknya menjadi koleksi yang akan bertahan selama beberapa dekade, semuanya runtuh. Pembicaraan tentang penilaian mereka yang berlebihan memicu longsoran para penimbun Beanie Babies untuk mendaftarkan mainan mereka di eBay, menyebabkan kelebihan pasokan yang signifikan. Pada gilirannya, harga Beanie Babies anjlok.

Tampaknya dalam semalam, koleksi Beanie Babies yang dianggap berharga oleh orang-orang menjadi hampir tidak berharga. Kisah Chris Robinson Sr.—pria yang menghabiskan lebih dari $100.000 untuk Beanie Babies untuk investasi spekulatif—menjadi simbol kekalahan telak yang dialami pasar barang koleksi ini.

The Financial Times dengan tepat menyebut Beanie Babies "saham dot-com dunia ibu sepak bola di paruh kedua tahun 1990-an." Kami tidak menarik perbandingan ini untuk mengatakan bahwa NFT ditakdirkan untuk nasib yang sama seperti Beanie Babies, yaitu gelembung koleksi yang pasti akan pecah. Sebaliknya, Beanie Babies memberikan pandangan yang sangat baik tentang dinamika mengapa orang mengoleksi.

Prinsip dasar yang sama yang mendorong orang untuk mengumpulkan Beanie Babies mendorong orang untuk mengumpulkan NFT: kelangkaan . Meskipun faktor lain mendorong kolektor untuk mengumpulkan, seperti investasi, spekulasi, hubungan emosional, ketakutan akan kehilangan (FOMO), dan “sensasi berburu”, inti dari pengumpulan adalah kelangkaan. Tidak pentingapa yang kami kumpulkan, kami melakukannya karena jumlahnya terbatas.

Mungkinkah pasar NFT ambruk? Apa pun mungkin. Tetapi tidak seperti Beanie Babies, NFT memberikan solusi dunia nyata untuk masalah yang mengganggu pasar seni dan barang koleksi, seperti yang kita bahas di Bab 3 , “Mengapa NFT Memiliki Nilai.”

Sekarang setelah kita membahas mengapa orang mengumpulkan, baik itu koleksi fisik atau digital, mari selami topik yang ada: NFT.

Apa Sebenarnya NFT?

NFT umumnya dikenal sebagai jenis koleksi digital tertentu, seperti seni digital dari Beeple, kartu perdagangan digital dari Rob Gronkowski, video pendek dari Saturday Night Live , gambar Curly of The Three Stooges yang meramal dengan Curly yang tidak dapat dibuka. -esque keberuntungan, atau salah satu CryptoKitties. Tapi apa sebenarnya NFT itu?

NFT adalah item unik yang diverifikasi dan diamankan oleh blockchain, teknologi yang sama yang digunakan untuk cryptocurrency. Sebuah NFT memberikan keaslian asal, kepemilikan, keunikan (kelangkaan), dan keabadian untuk item tertentu. Mari kita pecahkan istilah token non-sepadan sedikit demi sedikit.

Token

Mari kita mulai dengan kata token . Menurut Dictionary.com , salah satu definisi token adalah “sebuah kenang-kenangan; suvenir; kenang-kenangan.” Karena NFT umumnya dikenal sebagai koleksi digital, orang mungkin berpikir bahwa token dalam NFT berasal dari definisi ini. Meskipun mungkin berlaku (agak), token di NFT berasal dari sesuatu yang sama sekali berbeda: blockchain.

Beberapa dari Anda mungkin resah, “Oh tidak, ini dia bagian teknisnya. Saya hanya ingin tahu apa itu NFT.” Untuk memahami sepenuhnya apa itu NFT, Anda perlu belajar sedikit tentang blockchain. Kami berjanji untuk tidak membuatnya terlalu rumit.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin dan mungkin beberapa cryptocurrency lainnya. Menurut Investopedia, cryptocurrency adalah “mata uang digital atau virtual yang diamankan oleh kriptografi.” Ketahuilah bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang ada di Internet. Anda dapat membeli dan menjualnya untuk tujuan investasi, membeli barang dengan mereka, atau bahkan mempertaruhkannya (pada dasarnya meminjamkan mereka untuk mendapatkan bunga).

Setiap kali seseorang bertransaksi dengan cryptocurrency, baik membeli, menjual, mentransfer, mempertaruhkan, atau membeli sesuatu dengan cryptocurrency, transaksi itu harus diverifikasi. Proses verifikasi menentukan apakah pengirim memiliki jumlah cryptocurrency yang dikirim. Inilah yang membuat cryptocurrency aman dan dapat diandalkan.

Ketika transaksi cryptocurrency diverifikasi, misalnya dengan Bitcoin, verifikasi dilakukan pada sekelompok transaksi, bukan satu transaksi. Kumpulan transaksi mata uang kripto ini dikenal sebagai blok . Setiap blok memiliki kapasitas penyimpanan tertentu. Setelah blok diisi dan transaksi telah dikonfirmasi, blok transaksi kemudian ditambahkan ke blok yang telah diverifikasi sebelumnya, menciptakan rantai blok yang terus berkembang: blockchain . Proses berulang, dan blockchain tumbuh lebih lama dan lebih lama (lihat Gambar 2.1 ).

Jadi, blockchain dari cryptocurrency adalah daftar semua transaksi (setiap satu) dari mata uang itu, kembali ke awal cryptocurrency itu.

Setiap kali seseorang membeli atau menjual Bitcoin, membeli sesuatu dengan Bitcoin, menukar Bitcoin, atau mentransfer Bitcoin, transaksi itu terdaftar di blockchain Bitcoin. Jumlah transaksi Bitcoin harian mencapai sekitar 400.000 pada Januari 2021,dan Ethereum (cryptocurrency terbesar kedua) diproses lebih dari 1,1 juta kali per hari ( Statista.com ). Pikirkan blockchain sebagai buku besar akuntansi yang sangat panjang.

GAMBAR 2.1 Sebuah blockchain

Koin vs Token.

Ketika berbicara tentang cryptocurrency tertentu, orang sering menggunakan istilah koin dan token secara bergantian. Tapi itu salah karena ada perbedaan penting.

Cryptocurrency yang berupa koin, seperti Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, dan Ethereum, memiliki blockchain masing-masing. Sebaliknya, token adalah cryptocurrency yang tidak memiliki blockchain sendiri. Sebagai gantinya, token menggunakan blockchain koin lain. Misalnya, GameCredits (GAME) dan SushiToken (SUSHI), di antara ribuan lainnya, adalah token yang menggunakan blockchain Ethereum. Token Cryptocurrency yang ada di blockchain Ethereum juga dikenal sebagai token ERC20. ERC20 adalah standar Ethereum untuk membuat token cryptocurrency.

GameCredits adalah kasus yang menarik karena pada awalnya merupakan koin dengan blockchainnya sendiri. Tetapi untuk memanfaatkan fungsionalitas yang lebih besar yang ditawarkan jaringan Ethereum, ia beralih menjadi token ERC20. Jadi, sekarang semua transaksi GameCredits (dan semua transaksi token ERC20 lainnya) dicatat di blockchain Ethereum. Inilah alasan mengapa Ethereum memproses begitu banyak transaksi dalam sehari.

Jadi, token di NFT adalah token cryptocurrency. NFT ada di blockchain. Saat ini, sebagian besar NFT dibuat di danhidup di blockchain Ethereum. Beberapa NFT dibuat dan ada di WAX, Binance Smart Chain, dan beberapa blockchain lainnya.

Tidak dapat dipertukarkan

Jadi, kita sudah mendapatkan bagian tokennya. Sekarang mari kita beralih ke non-sepadan . Apa yang dimaksud dengan fungibel ? Menurut Dictionary.com , fungible adalah kata sifat yang berarti "(terutama barang) yang memiliki sifat atau jenis yang dapat ditukar atau diganti secara bebas, seluruhnya atau sebagian, dengan sifat atau jenis lain yang serupa." Mari kita mulai dengan beberapa contoh.

Dolar bisa dipertukarkan. Jika kami memberi Anda uang lima dolar dan Anda mengembalikan lima uang kertas satu dolar, nilai tukarnya sama. Tidak masalah uang dolar mana yang Anda berikan kepada kami. Katakanlah Anda memiliki setumpuk uang kertas satu dolar. Anda bisa memberi kami lima dari mereka, dan itu tidak masalah. Anda bahkan bisa Venmo kami $5. Faktanya adalah bahwa dolar sepenuhnya dapat dipertukarkan.

Demikian pula, cryptocurrency dapat dipertukarkan. Jika Anda mengirimi kami Bitcoin, kami tidak peduli dari dompet mana itu berasal; a Bitcoin adalah Bitcoin, sama seperti dolar adalah dolar.

Bahkan beberapa barang atau komoditas (seperti yang ditunjukkan oleh definisi sebelumnya), seperti barel minyak, dianggap sepadan. Tidak masalah barel mana yang Anda kirimkan kepada saya. Setiap barel minyak dengan kadar yang sama bisa digunakan.

Menggunakan definisi sebelumnya, tampak jelas bahwa barang-barang yang tidak dapat dipertukarkan tidak dapat ditukar atau diganti secara bebas dengan barang-barang serupa. Misalnya, berlian tidak dapat dipertukarkan. Setiap berlian unik dalam ukuran, warna, kejernihan, dan potongannya. Jika Anda membeli berlian tertentu, itu tidak akan mudah dipertukarkan dengan berlian lain.

Demikian juga, NFT tidak dapat dipertukarkan. Setiap NFT adalah unik. Anda tidak dapat dengan bebas menukar atau mengganti satu NFT dengan yang lain.

Tapi apa yang membuat setiap NFT unik? Lagi pula, bukankah mudah untuk mengunduh, menyalin, dan berbagi gambar dari Internet? Ya, tetapi Anda dapat mengambil foto (atau lebih baik membuat gambar) dan mencetak gambar itu menjadi token yang ada di blockchain. Kami menggunakan istilah mint seperti mencetak koin fisik.

Ketika koin dan token cryptocurrency dibuat, mereka dicetak. Biasanya, jutaan atau bahkan miliaran koin atau token ditambang atau dicetak untuk mata uang kripto tertentu. Umumnya, cryptocurrency memiliki persediaan yang beredar, jumlah koin atau token yang telah dicetak, dan persediaan maksimum (maksimum), jumlah total koin yang dapat dicetak. Jumlah pasokan maksimal dimasukkan ke dalam kode asli yang menciptakan cryptocurrency dan tidak dapat diubah.

Bandingkan ini dengan mata uang fiat, seperti dolar AS, yang persediaannya dapat terus meningkat dengan mencetak lebih banyak dolar. Semakin banyak dolar dicetak, nilai setiap dolar menurun, dengan asumsi bahwa permintaan dolar tetap sama. Dengan demikian, tidak ada pasokan maksimal dolar atau mata uang fiat lainnya.

Bitcoin memiliki persediaan maksimum 21.000.000 koin, sedangkan Uniswap (UNI), token ERC20, misalnya, memiliki persediaan maksimum 1.000.000.000 token. Setiap NFT berfungsi seperti mata uang kripto, tetapi NFT memiliki persediaan maksimal 1. Itulah yang membuat NFT unik dan tidak dapat dipertukarkan; mereka tidak dapat secara bebas ditukar dengan sesuatu yang sejenis karena tidak ada yang sejenis. Pikirkan NFT seperti lukisan asli: hanya ada satu. Mungkin ada salinan lukisan atau cetakan yang dibuat, tetapi hanya ada satu yang asli.

Meskipun kami baru saja mengatakan bahwa NFT memiliki persediaan maksimum 1, adalah mungkin untuk mencetak NFT dengan persediaan lebih besar dari 1. Misalnya, Anda dapat mencetak 100 "salinan" dari NFT yang sama. Secara teknis, ini adalah 1 NFT dari 100 token. Masing-masing token bisa menjadidapat ditukar dengan token lain dari NFT yang sama karena mereka akan sama dalam segala hal. Meskipun NFT multitoken ini dianggap sebagai NFT, kami tidak akan secara teknis menyebutnya sebagai NFT karena mereka sepadan, meskipun dengan persediaan terbatas, tetapi masih sepadan.



GAMBAR 2.2 NFT Three Stooges “All Stooge Team”, #19 dari 30

Kita perlu membedakan antara NFT multitoken dan edisi terbatas atau seri NFT dari desain tertentu. Misalnya, Rob Gronkowski mengeluarkan empat seri NFT, desain setiap seri mewakili salah satu kejuaraan sepak bolanya. Setiap seri memiliki 87 (menjadi nomor jersey-nya) edisi, dan setiap NFT secara individual ditandai 1/87, hingga 87/87. Demikian pula, seri NFT Three Stooges "All Stooge Team" adalah edisi dari 30 NFT yang ditandai secara individual. Gambar 2.2 menunjukkan #19 dalam seri tersebut.

Meskipun merupakan bagian dari rangkaian 30, NFT yang digambarkan pada Gambar 2.2 adalah token unik dengan pasokan 1, yang memang membuatnya menjadi NFT. Demikian pula, masing-masing NFT Gronk juga merupakan NFT unik.

Seseorang dapat membuat analogi dari edisi terbatas seperti itu, NFT yang ditandai secara individual dengan serangkaian cetakan lukisan yang juga ditandai secara individual, berurutan. Sedangkan analogi NFT multitoken adalah patung yang dicetak dari cetakan beberapa kali, dan kemudian cetakannya rusak. Setiap patung adalah asli, tetapi juga identik dengan patung-patung lain dari cetakan. Jika setiap patung ditandai secara berurutan, membuat masing-masing unik, maka analogi ini tidak akan berlaku dalam kasus ini.

Nomor edisi dapat memiliki penilaian yang berbeda. Dengan cetakan seni fisik, kami biasanya memberikan nilai terbesar untuk edisi pertama dari seri cetak, yaitu edisi 1 dari 500. Namun, dengan NFT, pendorong penilaian edisi dapat bervariasi. Misalnya, dengan NFT Top Shots NBA, biasanya nomor edisi yang cocok dengan nomor jersey pemain di NFT spesifik itu menjadi edisi yang paling berharga. Bagi LeBron James, edisi #23 seringkali yang paling berharga, seperti halnya edisi #77 dengan Luka Doncic atau edisi #11 dengan Kyrie Irving. Tanpa penggerak nilai alternatif seperti itu, edisi 1 kemungkinan akan mencapai nilai tertinggi, seperti cetakan seni.

Juga, perhatikan bahwa dalam edisi NFT Rob Gronkowski dan The Three Stooges, masing-masing NFT bernomor individual harus dicetak secara terpisah. Dalam kasus NFT multitoken, semua token NFT tersebut dibuat dalam satu pencetakan.

Jenis NFT

Umumnya, ketika Anda memikirkan NFT, Anda memikirkan seni digital dan barang koleksi. Ini adalah NFT yang mendapatkan semua pers, terutama dengan beberapa harga jual yang tinggi. Tetapi ada beberapa jenis NFT populer lainnya, dan kami akan membahas semuanya di bagian ini.

Seni Digital dan Koleksi

Seni digital adalah bentuk seni yang relatif baru, yang berasal dari tahun 1950-an. Ketika komputer menjadi mana-mana pada 1980-an dan 1990-an, media meledak. Seniman tidak hanya menciptakan seninya dengan alat digital, seperti komputer atau smartphone, tetapi sifat digital dari seni itu sendiri adalah medianya. Seni hanya ada dalam format digital. Tentu, sebuah gambar dapat dicetak, tetapi seni digital sejati dimaksudkan untuk tetap digital.

Koleksi digital mirip dengan seni digital karena dibuat secara digital dengan maksud untuk tetap dalam format digital. Namun, koleksi umumnya memiliki tema populer tertentu yang berkaitan dengannya. Contoh lagi adalah NFT kartu perdagangan digital Rob Gronkowski dan NFT The Three Stooges. Tentu saja, sejumlah besar kreativitas artistik masuk ke koleksi ini, dan mereka adalah karya seni digital dengan hak mereka sendiri. Misalnya, NFT Gronk diilustrasikan oleh seniman Black Madre, dengan arahan kreatif oleh Gronk, dan beberapa NFT The Three Stooges dibuat oleh seniman Patrick Shea.

Namun selain karya seni digital, nilai koleksinya adalah hubungan NFT dengan Gronk atau The Three Stooges. Koleksi digital seperti koleksi sebenarnya, seperti kartu sepak bola, tetapi hanya ada dalam format digital. Perhatikan bahwa koleksi digital tidak harus berupa seni digital semata. Koleksi digital bisa berupa foto digital.

Seni digital atau koleksi juga bisa berupa materi nondigital yang sudah ada dengan menambahkan elemen artistik digital. Misalnya, The Three Stooges NFT disebut "Itu Bitcoin Saya!" adalah foto yang ada dengan Bitcoin yang dibuat secara digital dimasukkan secara digital (lihat Gambar 2.3 ). Contoh ini terlihat jelas, mengingat saat foto asli diambil dan waktu Bitcoin dibuat, tetapi terkadang tidak begitu jelas.

GAMBAR 2.3 Tiga Antek “Itu Bitcoin Saya!” NFT

Umumnya, seni digital atau NFT tertagih dapat mengambil salah satu bentuk berikut:

·      Gambar-gambar

·      Video

·      GIF

·      audio

·      model 3D

·      Buku dan prosa

Gambar-gambar.

Banyak NFT hanyalah gambar diam, seperti salah satu CryptoPunks atau ciptaan Beeple. Gambar dapat mencakup semua jenis foto, baik yang diambil secara digital maupun digital (dipindai) ke dalam format digital. Tentu saja, gambar dapat berupa karya seni asli atau, seperti yang telah dibahas sebelumnya, kombinasi keduanya. Sama sekali tidak ada gerakan dalam gambar diam.

Dengan NFT, tidak ada batasan ukuran gambar atau resolusinya, meskipun beberapa pasar NFT mungkin membatasi ukuran file yang mungkin Anda buat. Umumnya, Anda ingin memberikan gambar dalam resolusi tinggi, yang memungkinkannya ditampilkan di layar yang lebih besar.

Sebuah gambar dapat berupa gambar raster (kadang-kadang disebut sebagai bitmap ) atau grafik vektor. Gambar raster, seperti .jpg dan .png , file lebih umum. Ini adalah gambar yang terdiri dari kotak kecil (piksel). Masalah dengan gambar raster adalah jika Anda memperbesarnya (meningkatkannya), Anda akan kehilangan kualitas gambar. Grafik vektor di sisi lain, seperti .svg file, menggunakan persamaan matematika untuk menggambar garis dan kurva (jalur vektor) antara berbagai titik. Keuntungannya adalah gambar dapat ditingkatkan ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas gambar. Ukuran file grafik vektor umumnya juga lebih kecil. Keuntungan dari gambar raster adalah mereka memungkinkan kedalaman warna yang lebih banyak, karena setiap piksel dapat berupa satu dari jutaan warna, sehingga ideal untuk foto.

Video.

Video adalah format populer lainnya untuk NFT. NBA Top Shots NFTs, yang berisi video sorotan dari momen-momen dalam sejarah NBA, telah mencapai penjualan lebih dari $500 juta. Tidak mengherankan, NFT LeBron James telah menjadi yang paling populer.

Video tidak terbatas pada rekaman video yang sebenarnya, tetapi juga bentuk seni digital yang semakin populer. Misalnya, kartu koleksi Rob Gronkowski bukanlah gambar statis, melainkan video. Mereka dirancang dengan efek keren. Karya seni Gronk tidak hanya memasukkan kartu dari samping, tetapi kartu juga "terbalik" untuk menunjukkan informasi lebih rinci di bagian belakang, seperti nomor edisi dan beberapa statistik terkait sepak bola Rob Gronkowski.

Meskipun sebagian besar format video tidak berulang secara alami, beberapa situs, seperti OpenSea, akan memutar video secara otomatis. Karenaini, bingkai terakhir dari video sering kali dirancang untuk sejajar dengan bingkai pertama, menciptakan lingkaran yang mulus. Misalnya, salah satu NFT Sean Mendes menampilkan sosok berputar dari patung Sean seperti kartun yang terus berputar. Dalam beberapa kasus dengan video, bingkai terakhir tidak sejajar dengan bingkai pertama, dan gambar tersentak kembali ke awal. Ini dapat memiliki efek yang sedikit menggelegar, itulah sebabnya saat membuat video atau GIF (dibahas selanjutnya), lebih baik membuat loop yang mulus.

Namun, ketika berhadapan dengan rekaman video sebenarnya yang tidak dimaksudkan untuk berputar dengan mulus, karakter tampaknya melompat kembali ke posisi semula. Ini tidak selalu buruk, tetapi loop yang mulus, setidaknya bagi kami, lebih menyenangkan secara estetika. Contoh dari hal ini adalah NFT The Three Stooges “Disorder in the Court”, di mana Curly “dengan tenang” memiliki cara yang aneh dalam mempersiapkan dirinya untuk kursi saksi. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan ketika berhadapan dengan rekaman video lama kecuali mencoba menemukan "adegan" pendek yang berakhir dekat dengan tempat dimulainya. Gambar 2.4 adalah frame pertama dan terakhir dari NFT “Disorder in the Court”.

Seseorang berpotensi dapat mengatasi efek ini dengan memasukkan slide pengantar singkat atau transisi di awal atau akhir video.

GAMBAR 2.4 Bingkai pertama dan terakhir dari The Three Stooges “Disorder in the Court” NFT


GIF.

Sebuah Gif adalah jenis tertentu dari format file yang sering digunakan untuk membuat pendek, video sederhana yang secara otomatis mengulang (atau loop). GIF adalah singkatan dari Graphic Interchange Format, yang juga mendukung gambar diam. Faktanya, GIF pada awalnya dikembangkan untuk gambar diam, tetapi karena beberapa gambar dapat disimpan dalam satu file GIF, GIF menjadi ideal untuk video pendek atau animasi. Beberapa orang menyebut GIF video atau animasi sebagai GIF animasi. Tetapi bagi kami (dan kebanyakan orang), meskipun GIF dapat berupa gambar diam, menyebut GIF sebagai GIF animasi adalah berlebihan. Tidak ada alasan untuk menggunakan format file GIF kecuali jika dianimasikan.

Keuntungan GIF dibandingkan file video standar adalah mereka secara otomatis berulang secara alami; tidak perlu tombol putar. Di situs seperti OpenSea, video NFT standar (seperti dalam .mp4 format) akan diputar dan diulang secara otomatis, tetapi itu hanya di halaman NFT. Jika Anda membuka halaman koleksi, Anda akan melihat gambar pratinjau (atau thumbnail) NFT, dengan tombol putar, dan Anda perlu mengklik tombol putar untuk memutar video di halaman koleksi. Dengan GIF, karena format GIF berulang secara otomatis, Anda akan melihat video berulang di halaman pratinjau dan juga di halaman NFT. Tidak akan ada tombol putar pada GIF di halaman koleksi. Faktanya, Anda tidak akan pernah melihat tombol putar pada GIF di mana pun, karena secara otomatis akan berulang.

Ada beberapa kelemahan GIF karena merupakan teknologi yang lebih tua. Salah satu kelemahan GIF adalah terbatas pada 256 warna. Ini mungkin tidak terlihat atau menjadi masalah bagi sebagian besar animasi, tetapi pasti akan terlihat jika Anda mengonversi video berkualitas tinggi ke GIF. Jika kualitas video dan resolusi NFT penting, maka file video lebih disukai. Perhatikan juga bahwa GIF tidak memiliki audio.

Ukuran file GIF juga jauh lebih besar dari file video standar seperti MP4. Ini terutama karena algoritma kompresi untuk GIF kurang efisien. Jadi, saat membuat GIF, mungkin perlu mengurangi dimensi gambar atau video atau mengurangikecepatan bingkai (jumlah bingkai, atau gambar, per detik). Mengurangi durasi (dalam waktu) video juga akan membantu, itulah sebabnya GIF biasanya berupa video atau animasi pendek, hanya beberapa atau beberapa detik.

Ini membawa kita ke pertanyaan tentang cara membuat GIF. Ada perangkat lunak khusus untuk membuat GIF dan perangkat lunak video lainnya dari mana Anda dapat mengekspor kreasi Anda dalam format GIF. Ada juga konverter GIF online yang akan mengonversi sebagian besar file video standar menjadi GIF. Namun, kita harus berhati-hati, saat menggunakan pengonversi online jenis apa pun karena saat Anda mengunggah kreasi Anda ke Internet, Anda tidak pernah benar-benar tahu di mana mereka akan berakhir. Jika Anda menggunakannya, pastikan bahwa itu adalah salah satu dengan reputasi yang baik.

Kata terakhir tentang GIF: mereka hebat. Mereka bekerja sangat baik sebagai NFT, tetapi umumnya hanya untuk animasi pendek, baik seni digital atau koleksi.

audio.

Ya, Anda dapat membuat NFT audio. Kings of Leon adalah band populer pertama yang merilis album sebagai NFT, dan menghasilkan lebih dari $2 juta dalam penjualan. Selain artis besar, artis independen juga menemukan NFT audio, dan jenis NFT lainnya, sebagai cara yang bagus tidak hanya untuk menjual musik mereka tetapi juga untuk memberi energi dan memperluas basis penggemar mereka.

Untuk NFT, sebaiknya gunakan .wav file audio jika tersedia, bukan .mp3 file. .wav file tidak terkompresi, sementara .mp3 file dikompresi, yang menghasilkan kualitas suara yang lebih tinggi untuk .wav file.

Di beberapa pasar NFT, seperti OpenSea, Anda harus menyertakan gambar pratinjau (atau GIF) untuk NFT audio. Ini bisa berupa sampul album atau gambar atau GIF lainnya.

Model 3D.

Sebuah Model 3D adalah representasi tiga dimensi tertentu dunia nyata atau objek konseptual atau desain yang artistik. Model 3D merupakan bagian integral dari beberapa industri, termasuk virtual dan augmented reality, video game, film, arsitektur, danpencitraan medis dan ilmiah lainnya, untuk beberapa nama. Pemodelan 3D juga semakin populer di kalangan seniman digital.

Model 3D dapat dilihat dengan headset virtual atau augmented reality. Mereka juga dapat ditampilkan pada layar dua dimensi dan diputar ke segala arah dengan "mengambil" rendering dengan mouse komputer Anda (atau jari pada smartphone atau tablet) dan menggerakkannya, serta memiliki kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil. . Anda juga dapat mencetak (membuat model fisik) model 3D dengan printer 3D.

Anda dapat membuat NFT model 3D di beberapa pasar, seperti OpenSea. Aplikasi seluler VeVe adalah pasar yang mengkhususkan diri dalam menjual NFT model 3D.

Buku dan Prosa.

Konten NFT dapat berupa teks saja, seperti puisi, cerita pendek, atau bahkan keseluruhan buku. Saya belum pernah melihat terlalu banyak buku NFT atau contoh prosa lainnya, tapi pasti ada beberapa di luar sana. Jadi, jika Anda mencari cara lain untuk memonetisasi tulisan Anda, NFT mungkin bisa menjadi pilihannya.

Item Dalam Game

Saat ini terdapat 2,81 miliar pemain video game di seluruh dunia, dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 3 miliar pada tahun 2023. Ini merupakan persentase yang cukup signifikan dari populasi dunia.

Dalam banyak game populer, seperti Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Dota 2 , item dalam game, termasuk senjata, baju besi, dan kulit (desain yang menutupi baju besi Anda atau perlengkapan lainnya), tersedia untuk dijual sebagai item dalam game. Jadi, jika Anda ingin bersiap dengan cepat, alih-alih mendapatkan item dalam game, yang dapat menghabiskan berjam-jam gameplay, Anda dapat membeli berbagai perlengkapan sebagai gantinya. Banyak gamer menginginkan lebih banyak daya tembak dan keuntungan lain dalam sebuah game dan tidak ingin menunggu. Pengembang game meraup untung besar dari item ini, karena hanya sedikitkode komputer. Menurut situs web game Gods Unchained yang populer , pada tahun 2019, pemain menghabiskan $87 miliar untuk item dalam game .

Pemain sering mengumpulkan banyak item sepanjang pengalaman bermain game mereka dengan game tertentu. Pada titik tertentu, pemain itu ingin beralih ke permainan yang berbeda—pengalaman menyenangkan berikutnya. Pada awalnya, pemain akan terjebak dengan item dalam game yang mereka beli (terkadang dengan jumlah yang relatif signifikan). Kemudian, pasar item dalam game mulai bermunculan, di mana para pemain dapat menjual barang-barang mereka yang tidak lagi dibutuhkan kepada pemain baru yang ingin bersiap-siap untuk permainan dan mencari harga yang wajar. Juga, beberapa item bisa menjadi langka dan tidak lagi tersedia dalam game. Menurut berbagai laporan, seseorang membayar mulai dari $ 100.000 hingga $ 150.000 untuk kulit CS: GO yang langka.

Masalah dengan "memiliki" item dalam game ini adalah bahwa mereka tunduk pada keinginan pengembang game. Jika basis pengguna game turun, pengembang mungkin berhenti mendukungnya, membuat item Anda tidak berguna. Bagaimana jika Anda membayar sejumlah besar item langka, lalu pengembang game membuat ribuan item lagi? Bagaimana jika Anda dilarang bermain game? Beberapa game tidak mengizinkan penjualan item dalam game, dan jika ketahuan, kemungkinan besar Anda akan diblokir. Juga, seperti banyak industri, pasar sekunder item dalam game dapat dipenuhi dengan scammers.

Beberapa pengembang game kini telah membuat NFT item dalam game. Misalnya, F1 Delta Time adalah game Animoca Brands di mana item dalam game adalah NFT (lihat Gambar 2.5 ). Pemain harus memiliki NFT mobil, pengemudi, dan ban (Ejaan Inggris untuk "ban") untuk bersaing. NFT untuk gim ini juga mencakup perlengkapan pengemudi seperti helm, jas, sepatu, dan sarung tangan, serta perangkat tambahan untuk mobil Anda, seperti sayap depan dan belakang, transmisi, suspensi, dan rem.

GAMBAR 2.5 Penjualan NFT “Ban Menengah” Delta Time F1 di OpenSea


NFT berisi masing-masing properti dan peningkatan peralatan, seperti efek bagian tertentu pada akselerasi mobil Anda, pegangan, dan kecepatan tertinggi. Dan karena mereka NFT, kepemilikan dan keaslian item diverifikasi oleh blockchain.

Kartu Perdagangan Digital

Ketika Anda memikirkan kartu perdagangan, Anda mungkin berpikir tentang kartu bisbol atau kartu lain yang dikemas dalam kemasan, mungkin dengan sebatang permen karet. Setidaknya itulah yang terlintas dalam pikiran.Jenis lain dari kartu perdagangan populer adalah kartu perdagangan permainan digital yang dapat dikoleksi untuk permainan populer seperti Magic: The Gathering. Seberapa populerkah Magic: The Gathering? Menurut Wikipedia, ada lebih dari 35 juta pemain, dan lebih dari 20 miliar kartu Magic diproduksi antara tahun 2008 dan 2016. Ini adalah kartu fisik yang sebenarnya, digunakan dalam permainan, yang dapat mewakili berbagai jenis energi atau mantra. Kartu ajaib diperdagangkan di bursa dan situs seperti eBay.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Gunung Gox, salah satu bursa Bitcoin pertama, yang terkenal karena telah diretas. Awalnya dimulai sebagai situs web untuk berdagang kartu Magic: The Gathering. Gunung Gox adalah singkatan dari “Magic: The Gathering Online eXchange.”

Evolusi berikutnya dalam permainan kartu perdagangan digital membawa mereka online. Salah satu contoh populer adalah Hearthstone oleh Blizzard Entertainment. Menurut Wikipedia, pada akhir 2018, Hearthstone mengumpulkan lebih dari 100 juta pemain. Secara teknis, meskipun Hearthstone dimainkan dengan kartu, mirip dengan Magic: The Gathering, ini bukan permainan kartu perdagangan karena kartunya tidak dapat diperdagangkan. Terlepas dari permintaan pemain, Blizzard tidak menambahkan fungsi ini. Ini mungkin mengapa, atau setidaknya salah satu alasan, popularitas Hearthstone telah menurun.

Dengan demikian, inilah alasan munculnya kartu perdagangan NFT, khususnya kartu permainan koleksi digital dalam nada Magic: The Gathering dan Hearthstone. Salah satu contoh populer adalah Gods Unchained , di mana kartu yang Anda peroleh atau beli adalah NFT, dicetak di jaringan Ethereum. Mereka dapat digunakan dalam permainan, diperdagangkan, dan dijual di pasar NFT. Fakta bahwa mereka adalah NFT berarti bahwa pemain benar-benar memiliki kartu mereka, dan mereka dapat membuangnya sesuka mereka. Situs web Gods Unchained membanggakan, "Jika Anda tidak dapat menjual barang-barang Anda, Anda tidak memilikinya."

Real Estat Digital

Mirip dengan item dalam game, real estat digital , juga dikenal sebagai real estat virtual, dapat dijual sebagai NFT. Real estat digital agak seperti sebuah oxymoron karena tidak nyata. Itu hanya ada di lingkungan virtual. Tetapi untuk tujuan lingkungan virtual, itu adalah real estat karena tanah atau strukturnya di atas tanah dan dapat memiliki nilai dunia nyata.

Dunia virtual, seperti Decentraland, adalah lingkungan online yang mensimulasikan dunia nyata di mana banyak orang menjelajahi dunia dan berinteraksi melalui avatar mereka , yang merupakan representasi pengguna yang disesuaikan. Seperti pemukim tua, orang-orang di dunia maya memiliki keinginan untuk membeli sebidang tanah yang bagus di dunia maya dan menetap. Atau, seperti di dunia nyata, spekulan dapat membeli beberapa plot dengan harapan membaliknya untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Menurut Reuters, “Decentraland telah melihat lebih dari $ 50 juta dalam total penjualan, termasuk tanah, avatar, nama pengguna, dan perangkat yang dapat dikenakan seperti pakaian virtual. Sebidang tanah berukuran 41.216 meter persegi virtual dijual seharga $ 572.000 pada 11 April, yang menurut platform itu adalah rekor.

NFT adalah cara sempurna untuk menjual dan mentransfer tanah virtual, karena kepemilikan dan keaslian tanah diverifikasi di blockchain. Sandbox adalah contoh dunia virtual di mana semua aset dan tanah berbasis NFT. Mereka memiliki pasar bawaan, tetapi salah satu keuntungan NFT adalah mereka dapat dijual di pasar NFT mana pun, seperti OpenSea. Bahkan, Sandbox bahkan memiliki koleksinya sendiri di OpenSea tanah virtual.

Mirip dengan bagaimana akta real estat memiliki deskripsi properti berdasarkan survei, NFT tanah digital juga menentukan lokasi tanah di dunia maya. Transfer akta real estat biasanya dicatat di kantor panitera setempat. Transfer NFT tanah digital dicatat di blockchain.

Apakah real estat digital ini nyata? Ya, karena dunia maya sangat populer. Gim Fortnite memiliki lebih dari 350 juta pengguna terdaftar saja. Meskipun Anda belum dapat membeli tanah di Fortnite, dunia virtual Sandbox telah menjual lebih dari 76.000 NFT “LAND”, dengan nilai agregat $20 juta. Seiring dengan meningkatnya adopsi realitas virtual, permintaan akan lahan virtual juga akan meningkat, terutama jika pada suatu saat ada metaverse , ruang virtual bersama kolektif yang luas mirip dengan Oasis di Ready Player One . Namun, tidak perlu menunggu untuk itu, ketika menyangkut pengeluaran dolar dunia nyata. Pada Maret 2021, rumah virtual NFT terjual lebih dari $500.000.

Nama Domain

Pasar OpenSea NFT memiliki seluruh bagian untuk nama domain. Domain Blockchain menghasilkan NFT yang hebat. Tapi mari kita buat perbedaan penting di sini: kita berbicara tentang domain blockchain, bukan nama domain biasa yang Anda pikirkan saat menjelajahi Internet.

Setiap hari kami menggunakan nama domain dengan ekstensi seperti .com , .net , .org , .tv , dan beberapa ekstensi umum lainnya untuk mengakses berbagai situs web di Internet. Ekstensi domain umum ini, juga dikenal sebagai domain tingkat atas , pada akhirnya dikelola dan diawasi oleh otoritas terpusat: Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), yang merupakan organisasi nirlaba swasta yang menetapkan kebijakan untuk Nama Domain global System (DNS) dan melacak siapa yang memiliki nama domain mana.

Alih-alih menjadi bagian dari ICANN, kepemilikan domain blockchain ditentukan oleh blockchain, sama seperti kepemilikan cryptocurrency dan NFT ditentukan oleh blockchain. Demikian pula, domain blockchain juga disimpan di dompet cryptocurrency. Kami akan membahas lebih banyak tentang dompet cryptocurrency di Bab 6 ,“Membuat dan Mencetak NFT.” Intinya, domain blockchain adalah aset blockchain, yang menjadikannya NFT.

Nama domain Blockchain memiliki ekstensi seperti .cryptodan .ethdan tidak umum digunakan untuk mengakses situs web. Sebaliknya, mereka digunakan terutama untuk menyederhanakan pembayaran cryptocurrency. Seperti yang akan kita bahas lebih lanjut di Bab 6 , alamat cryptocurrency adalah aliran panjang angka dan huruf acak. Alamat ini juga dapat disebut sebagai alamat publik atau kunci publik Anda, berbeda dengan kunci pribadi yang Anda gunakan untuk mengamankan dompet cryptocurrency Anda. Kita akan membahasnya lebih dalam di Bab 6 .

Alamat Bitcoin biasanya memiliki 34 karakter, misalnya, 18ZW9AQGdsYcCUYrrp1NDrtjAnTnTX4zRG. Alamat Ethereum memiliki 42 karakter, misalnya 0x969Bbaa8473180D39E1dB76b75bC89136d90BD84. Dengan .cryptodomain, Anda dapat mengaitkan nama domain dengan alamat kripto Anda. Misalnya, Anda memiliki nama domain example.crypto. Dalam hal ini, Anda dapat mengaturnya sehingga Anda dapat menerima Bitcoin, Ethereum, atau mata uang kripto lainnya dengan nama domain tersebut alih-alih alamat yang panjang. Ketika seseorang menanyakan alamat Anda, Anda cukup mengirimkan nama domain Anda, dan mata uang kripto yang dikirim akan menuju ke alamat mata uang kripto terkait Anda. Salah satu kelemahannya adalah jika seseorang mengirim cryptocurrency salah mengeja nama domain Anda, Anda tidak akan menerimanya, dan bahkan mungkin berakhir di dompet orang lain.

Meskipun saat ini tidak umum, domain blockchain juga bisa menjadi alamat situs web seperti domain TLD biasa. Penyelesaian domain tidak akan melalui DNS yang dikendalikan ICANN, tetapi melalui rute alternatif. Situs web domain blockchain semacam itu tidak akan dikenai sensor potensial oleh otoritas terpusat. Sebagian besar browser hanya mendukung nama domain DNS, tetapi ada ekstensi browser yang memungkinkan browser untuk menyelesaikan domain blockchain. Di masa depan (dekat?), ekstensi browser tidak akan diperlukan.

Keuntungan dari domain blockchain adalah, sebagai NFT, Anda membayarnya sekali, dan itu milik Anda. Pendaftar untuk domain TLD reguler membebankan biaya perpanjangan tahunan. Jika Anda tidak membayar biaya perpanjangan untuk alasan apapun, Anda akan kehilangan nama domain Anda. Dengan domain blockchain, tidak ada biaya perpanjangan—ini langsung menjadi milik Anda.

Jual beli nama domain TLD biasa telah berlangsung selama beberapa dekade dan telah menjadi bisnis besar bagi spekulan. Pengadopsi Internet awal yang meraih domain kata umum seperti hotels.comtelah menguangkan dalam waktu besar. Kembali pada tahun 2001, hotels.comdijual seharga $ 11 juta. Baru-baru ini, pada 2019 voice.comdijual seharga $ 30 juta.

Domain Blockchain saat ini dalam fase adopsi awal dan belum menjadi mainstream seperti nama domain TLD biasa. Namun demikian, pasar domain blockchain NFT sudah mulai memanas dengan $100,000 yang dibayarkan untuk domain blockchain NFT win.crytpo. Masih ada beberapa peluang besar untuk mengambil domain blockchain kata umum, yang kemungkinan akan meningkat nilainya seiring dengan meningkatnya adopsi domain blockchain. Tentu saja, tidak ada jaminan berapa lama waktu yang dibutuhkan, atau apakah adopsi massal akan terjadi sama sekali. Itu sebabnya mereka disebut spekulan.

Tiket Acara

Kita semua pernah ke acara di mana Anda memiliki tiket fisik yang Anda tunjukkan saat masuk. Tiket semakin digital, meskipun tiket fisik masih banyak digunakan. Bahkan tiket digital dapat berupa kode batang di perangkat Anda yang Anda cetak dan tunjukkan sebagai tiket fisik. Beberapa layanan digital ticketing seperti Eventbrite memberikan kemudahan bagi event organizer untuk menjual tiket. Namun, masalah masih tetap ada, terutama untuk acara besar seperti konser dan acara olahraga.

Terkadang Anda tidak bisa datang ke acara tersebut, dan Anda mungkin ingin menjual tiket Anda. Ada juga calo tiket yang akan membeli blok tiket dengan maksud untuk menciptakan kelangkaan dan menjual kembali tiket ini untuk mendapatkan keuntungan. Matt ingat berjalan di sekitar Yankee Stadium sebelum pertandingan yang terjual habis dengan Red Sox mencari beberapa tiket. Sebagai penggemar yang berpengalaman, dia dapat melihat tiket palsu yang mungkin coba digadaikan oleh beberapa karakter teduh sebagai tiket asli. Untungnya, dia tidak pernah terbakar. Tapi suatu kali ketika memasuki pertandingan playoff Knicks di Madison Square Garden, orang-orang di depannya "Ditolak," seperti yang biasa dikatakan Clyde Frazier. Mereka telah membeli tiket palsu. Menurut artikel CNBC.com pada tahun 2018, sekitar 12 persen orang melaporkan bahwa mereka telah membeli tiket konser secara online yang ternyata palsu.

Selain penipuan, pasar tiket sekunder telah berkembang menjadi $15 miliar. Pasar sekunder ini telah difasilitasi oleh situs seperti StubHub, pasar untuk penjual dan pembeli tiket. StubHub memverifikasi tiket yang dijual, tetapi layanan ini membebankan biaya yang signifikan. Plus, Anda mungkin perlu mengirimkan tiket atau menerima tiket Anda melalui pos, atau kurir semalam jika acara sudah dekat. Lebih penting lagi, tidak ada keuntungan dari tiket yang dijual di pasar sekunder masuk ke penyelenggara acara, promotor konser, atau artis pertunjukan.

Masukkan tiket NFT, yang memecahkan masalah ini.

Pertama, dengan tiket NFT , Anda tidak memerlukan organisasi terpusat untuk memverifikasi validitas tiket karena, seperti yang dibahas sebelumnya, keaslian NFT diverifikasi oleh blockchain. Kedua, NFT secara terprogram dapat memberikan persentase tertentu dari keuntungan yang dihasilkan dari penjualan kembali secara otomatis dikirim ke organisasi yang membuat tiket. Mark Cuban, pemilik tim NBA Dallas Mavericks, seorang maverick sendiri dalam hal teknologi, sedang berpikir untuk mengubah tiket Mavericks menjadi NFT. Dalam CNBC.comartikel Maret 2019 , dia berkata, “Kami ingin dapat menemukan cara agar tidak hanya bisakonsumen kami, penggemar kami, membeli tiket dan menjualnya kembali, tetapi kami terus membuat royalti untuk mereka.”

Tweet

Anda mungkin pernah mendengar berita pada Maret 2021 bahwa Jack Dorsey menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga $2,9 juta. Siapa yang mengira Anda bisa membuat NFT dari sebuah tweet? Ini menunjukkan bahwa kemungkinan dengan konten NFT bisa lebih besar dari yang diantisipasi.

Aspek NFT

Setiap NFT benar-benar merupakan bagian dari kode pemrograman, yang pada blockchain Ethereum dikenal sebagai kontrak pintar. Ada standar yang menentukan apa yang harus dan dapat dimasukkan dalam kode NFT. Token yang tidak dapat dipertukarkan memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari token yang dapat dipertukarkan biasa. Seperti yang disebutkan, token yang dapat dipertukarkan di jaringan Ethereum juga dikenal sebagai token ERC20. NFT di jaringan Ethereum adalah token ERC721 atau ERC1155. Ini adalah serangkaian standar berbeda yang memungkinkan NFT memiliki berbagai fungsi dan sifat, serta memungkinkan pasar dan dompet bekerja dengan NFT apa pun di jaringan Ethereum. Perhatikan bahwa blockchain Ethereum saat ini merupakan blockchain paling populer untuk NFT. Ada beberapa blockchain NFT lainnya juga, termasuk WAX, yang merupakan singkatan dari World Asset eXchange. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan WAX untuk NFT adalah Topps, yang memiliki lisensi untuk hak koleksi (baik fisik maupun digital) untuk sejumlah liga olahraga, termasuk Major League Baseball. Blockchain NFT lainnya termasuk FLOW, yang menampilkan NFT NBA Top Shots, dan Binance Smart Chain. Kami akan membahas secara detail tentang berbagai pasar NFT diBab 5 , “Pasar NFT,” dan blockchain mana yang digunakan setiap pasar.

Selain memungkinkan token yang tidak dapat dipertukarkan untuk dimiliki dan dipindahtangankan, standar yang dibahas sebelumnya memungkinkan NFT mengandung aspek-aspek berikut:

·      Nama

·      Isi utama

·      Pratinjau konten

·      Keterangan

·      Sifat-sifat

·      Konten yang tidak dapat dibuka

·      Royalti yang sedang berlangsung

·      Memasok

Untuk semua tujuan praktis, nama, bagian dari konten utama, dan persediaan (yang biasanya satu) diperlukan. Deskripsi, konten yang tidak dapat dibuka, dan royalti berkelanjutan adalah opsional. Sifat dapat menjadi aspek kunci dari konten utama NFT atau sebenarnya menjadi konten utama NFT. Pratinjau konten mungkin diperlukan dalam keadaan tertentu. Berbagai jenis dan variasi dibahas selanjutnya.

Nama

Ini cukup mudah. Setiap NFT, seperti setiap karya seni, memiliki nama . Terkadang Anda akan melihat nomor edisi, seperti “(2/10)” atau “17 dari 25” di akhir nama. Ini akan menunjukkan bahwa, pada yang pertama, NFT adalah nomor 2 dalam edisi 10, dan yang terakhir, nomor 17 dalam edisi 25.

Isi utama

The konten utama dari token non-sepadan adalah konten tentang yang NFT diciptakan. Anda juga dapat menganggapnya sebagai tujuan khusus dari NFT dibuat. Misalnya untuksebuah NFT karya seni digital, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.6 , konten utamanya adalah gambar, video, GIF, atau model 3D. Konten utama dari nama domain NFT adalah nama domain, yang biasanya diwakili oleh gambar dan mungkin berisi ciri-ciri tertentu.

GAMBAR 2.6 Gambar seni digital NFT dan nama domain NFT

Bahwa gambar pada Gambar 2.6 adalah konten utama NFT seni digital, gambar tersebut bukan konten utama NFT nama domain; itu hanya representasi visual dari konten utama.

Untuk kartu perdagangan game digital, konten utama NFT berisi gambar (atau GIF) dan ciri-ciri tertentu, seperti kekuatan mantra atau item lain yang diwakili oleh gambar tersebut.

Untuk lahan digital, konten utama adalah lokasi lahan dalam dunia virtual tertentu, dan biasanya diwakili oleh koordinat XY (X, Y).

Di mana visual adalah konten utama NFT, konten semacam itu bisa dalam hampir semua format file. Namun, jika Anda membuat NFT di salah satu dari beberapa pasar, format dan ukuran file yang diizinkan bervariasi dari pasar ke pasar. Jika Anda membuat NFT di OpenSea, misalnya, konten ini dapat dalam salah satu format file berikut: JPG (gambar), PNG (gambar), GIF, SVG (grafik vektor), MP4 (video), WEBM (video), MP3 (audio), WAV (audio), OGG (audio), GLB (model 3D),atau GLTF (model 3D). Di OpenSea, ukuran file maksimum yang diizinkan adalah 40 MB.

Pratinjau Konten

Jika konten utama bukan gambar, seperti halnya dengan NFT audio, konten utama dapat diwakili oleh konten pratinjau , yang sebagian besar berupa gambar atau GIF. Gambar tersebut dapat berupa artwork sampul album atau artwork, foto, atau gambar lain untuk mewakili lagu tersebut. Perhatikan bahwa secara terprogram, NFT tidak memerlukan gambar pratinjau. Tujuan dari gambar pratinjau adalah untuk membuat NFT lebih terlihat dan berbeda di pasar dan koleksi, dibandingkan dengan grafik umum dari dua not musik, atau tidak sama sekali.

Ada perbedaan yang jelas antara gambar pratinjau dan gambar mini. Thumbnail adalah gambar atau video berukuran kecil, yang umumnya digunakan untuk mewakili NFT ketika ada beberapa NFT yang disajikan pada halaman tertentu, seperti di pasar atau koleksi. Umumnya, mengklik thumbnail akan membawa Anda ke halaman detail NFT atau ke gambar atau video ukuran penuh yang diwakili oleh thumbnail. Jika ada tombol putar pada gambar mini video dan Anda mengekliknya, video akan diputar, alih-alih membawa Anda ke halaman detail NFT.

Keterangan

Ini juga cukup mudah. Selain menjelaskan NFT, deskripsi dapat digunakan untuk menunjukkan nomor edisi, menjelaskan konten yang tidak dapat dibuka, memberikan pemberitahuan hak cipta atau merek dagang, dan menyebutkan fasilitas lainnya, jika ada, yang akan diberikan kepada penawar tertinggi.

Berikut ini adalah deskripsi dari Official Three Stooges “Crypto Moe” NFT:

“The Stooges telah menggunakan 8 bit, yang, jika Anda memikirkannya, empat kali lebih baik daripada dua bit.

“Koleksi NFT Crypto Moe yang sangat langka ini adalah satu-satunya yang unik nomor 1 dalam seri 1. Tidak ada yang lain, dan tidak ada yang lain yang akan dicetak.

“Penawar tertinggi dari lelang ini juga akan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan salah satu anggota keluarga Moe.

“The Three Stooges® adalah merek dagang terdaftar dari C3 Entertainment, Inc. Karakter, nama, kemiripan, dan semua indikasi terkait The Three Stooges® adalah merek dagang dan properti dari C3 Entertainment, Inc. © 2021 C3 Entertainment, Inc. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.”

Keuntungan.

Deskripsi juga merupakan tempat tunjangan tambahan, jika ada, biasanya disebutkan. Perks adalah item atau pengalaman tambahan yang juga akan diberikan kepada penawar yang menang. Misalnya, NFT “(1-of-1) GRONK Career Highlight Card” Rob Gronkowski memiliki keuntungan ini dalam deskripsi: “Selain memenangkan kartu NFT Career Highlight, penawar tertinggi dari lelang ini akan diberikan kesempatan untuk temui Rob Gronkowski dan hadiri salah satu pertandingan sepak bolanya & menangkan Tiket Akses Lengkap VIP ke Pantai Gronk berikutnya. (2x tiket / pertandingan yang disepakati bersama di musim 2021).” Kami tidak yakin apa itu Pantai Gronk, tetapi kedengarannya menyenangkan. Deskripsi itu juga menambahkan, “Harus mengadakan NFT ini pada 30 April 2021, untuk menebus penawaran ini.” Jadi, jika ada syarat khusus untuk tunjangan, itu harus disebutkan juga.

Fasilitas bagus untuk disertakan dalam NFT dan jelas akan menaikkan nilai NFT. Betapa hebatnya bertemu dengan Gronk?Nah, seseorang berpikir itu akan sangat luar biasa dan membeli NFT seharga 229+ Ethereum, nilai pada saat itu lebih dari $433.000.

Barang Fisik.

Deskripsi NFT juga dapat mengikat NFT ke aset fisik. Misalnya, koleksi Slab di OpenSea memiliki deskripsi berikut:

·      Kartu Perdagangan NFT Digital yang didukung oleh aset fisik yang dinilai, alias "Slabs"!

“Kumpulkan dan investasikan dalam kartu tokenized physical sports and trading (TCG). Semua token mewakili kartu yang dinilai oleh perusahaan terkemuka seperti PSA/BGS dengan nilai berbeda. (yaitu, PSA 10 berbeda dan terpisah dari BGS 9.5) Kartu disimpan dengan aman di lokasi di luar lokasi seperti PWCC Vault dan lainnya. Bangun koleksi digital Anda dan lewati kerepotan pengiriman & penyimpanan.

“Anda dapat menukarkan NFT Anda secara opsional untuk menerima kartu fisik. Instruksi lengkap ada di konten yang tidak bisa dibuka. Token yang ditebus dihancurkan, dan pemilik baru bertanggung jawab atas semua biaya pengiriman, biaya pemenuhan jika berlaku, dan asuransi. Kunjungi tautan kami untuk lebih jelasnya. NFT dengan nomor seri dari perusahaan pemeringkat akan cocok dengan yang ditahan, tetapi mungkin tidak selalu sama persis dengan kartu yang Anda terima. Anda akan selalu menerima nilai yang sama persis dari perusahaan yang sama.”

Perhatikan bahwa deskripsi Slab ini tidak ada dalam deskripsi NFT Slab mana pun, tetapi dalam deskripsi koleksi.

Demikian pula, seorang seniman digital dapat memasukkan deskripsi NFT bahwa pemilik NFT berhak atas gambar pena di atas kertas asli yang menjadi dasar karya seni NFT.

NFT adalah cara yang menarik dan nyaman untuk "memiliki" aset fisik dengan memiliki NFT tanpa harus memiliki aset fisik. Jenis penggunaan NFT ini kemungkinan akan mendapatkan momentum, tetapi pertanyaan yang jelas tetap ada: Apa yang terjadi jika pembuat NFT tidak mengirimkan aset saat Anda menukarkan NFT? Pada kenyataannya, Anda hanya memiliki NFT dan sebuah janji. Sekali lagi, ini bertentangan dengan nilai aset blockchain dengan membutuhkan kepercayaan dari pihak ketiga.

Atribut

NFT memiliki kemampuan untuk memuat atribut dan properti tertentu. Ini sangat penting ketika berhadapan dengan NFT untuk item dalam game dan kartu perdagangan game digital misalnya. Atribut dapat berupa properti atau kategori berbeda yang termasuk dalam NFT serta kekuatan atau keunggulan (kadang-kadang disebut sebagai boost ) yang disediakan NFT dan berapa banyak kekuatan ekstra atau keuntungan lain yang disediakan NFT. Sebagai contoh, mari kita lihat atribut NFT dari sepasang ”Sarung Tangan” balap F1 Delta Time, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.7 .

Area pertama, berlabel Properties, menunjukkan kategori mana yang termasuk dalam NFT dan berapa persen NFT yang terkandung dalam kategori tersebut. Pertama, Anda dapat melihat bahwa sarung tangan ini termasuk dalam kategori Gear, dan mereka memiliki Gear Type of Gloves. Mereka berasal dari Musim 2020 dan berada di Tingkat Langka. Kategori ini ditetapkan oleh pengembang game dan dapat berbeda dari satu game ke game lainnya. Bandingkan kategori ini dengan yang ditunjukkan pada Gambar 2.8 .

Seperti yang Anda lihat, kategori properti yang berbeda akan digunakan oleh game yang berbeda.

Untuk sarung tangan balap NFT, tingkat kelangkaannya adalah 4 dari 9. Meskipun tidak ada penulis yang memainkan F1 Delta Time , kami berasumsi bahwa 4 dari 9 agak langka sedang. Lebih penting untuk permainan akan menjadi dorongan. Seperti yang Anda lihat, sarung tangan memberikan +395dorongan untuk agresi, dorongan +433 untuk konsentrasi, dan dorongan +357 untuk stamina. Kartu Sign of Avarice memiliki level Attack 3, level Health 3, dan level Mana 4. Sekali lagi, kami juga belum memainkan Gods Unchained, tetapi dari apa yang kami pahami, Mana adalah level energi yang dibutuhkan untuk mainkan kartunya.

GAMBAR 2.7 Atribut dari sepasang F1 Delta Time racing "Sarung Tangan" NFT

Jumlah atribut atau properti yang dapat dikandung NFT secara teoritis tidak terbatas. Terserah pengembang game, pembuat NFT, dan batasan tampilan apa pun yang mungkin diberlakukan oleh pasar tertentu.

Konten yang Tidak Dapat Dibuka

Konten yang tidak dapat dibuka itu keren. Konten yang hanya dapat dilihat atau diakses oleh pemilik NFT. Konten yang tidak dapat dibuka tidak hanya menambah nilai karena ada konten tambahan yang disertakan dalam NFT, tetapi jugajuga menimbulkan rasa ingin tahu, yang dapat menambah nilai juga. Deskripsi NFT dapat menjelaskan apa itu konten yang tidak dapat dibuka, atau dapat dibiarkan sebagai kejutan total.

GAMBAR 2.8 Atribut NFT Tanpa Rantai Dewa dari “Sign of Avarice ID #73809”

Konten yang tidak dapat dibuka dapat berupa konten apa pun. Selain file aktual (seperti gambar atau video), contohnya termasuk informasi kontak untuk menukarkan item fisik atau fasilitas lainnya, kredensial login untuk sesuatu (seperti situs web atau program pelatihan online), kunci aktivasi game, catatan dari NFT pencipta, atau bahkan keberuntungan Anda seperti yang diceritakan oleh Curly dari The Three Stooges, seperti dalam salah satu NFT Fortune Curly.

Perhatikan bahwa di beberapa pasar, seperti OpenSea, konten yang dapat dibuka yang sebenarnya dapat dilihat hanyalah teks. Jadi, jika Anda ingin mengungkapkan beberapa jenis konten lain, seperti gambar atau videofile, Anda harus memberikan tautan ke file tersebut. Atau Anda dapat memberikan alamat email dengan instruksi agar mereka mengirim email kepada Anda dan kemudian mengirim file melalui email kepada mereka.

Royalti yang sedang berlangsung

Aspek terobosan lain dari NFT adalah bahwa pencipta dapat menetapkan royalti yang berkelanjutan . Artinya, setiap kali NFT terjual di masa mendatang, persentase tertentu akan kembali ke pembuat aslinya. Sekarang artis dan pembuat NFT lainnya dapat memperoleh penghasilan dari penjualan kreasi mereka di masa mendatang tanpa harus melakukan apa-apa lagi. Jumlah royalti akan otomatis dikirim ke dompet kreator.

Pencipta memilih berapa persen royalti yang mereka inginkan; 10 persen tampaknya adil. Jika tingkat royalti terlalu tinggi, itu adalah disinsentif untuk penjualan di masa depan. Perhatikan bahwa ketika NFT ditawarkan untuk dijual atau dilelang di pasar tertentu, seperti OpenSea, pembeli potensial tidak dapat melihat berapa royalti yang sedang berlangsung.

Perhatikan juga bahwa di OpenSea, royalti sebenarnya ditetapkan saat Anda membuat koleksi, dan itu akan berlaku untuk semua NFT yang Anda buat dalam koleksi tertentu. Selain itu, pembuat dapat menunjukkan alamat tujuan pengiriman royalti, yang dapat berbeda dari (atau sama dengan) alamat dompet yang digunakan untuk membuat NFT. Kami akan membahas detail tentang membuat koleksi di Bab 6 , “Membuat dan Mencetak NFT.”

Perhatikan lebih lanjut bahwa jika Anda membuat NFT di pasar tertentu dan menetapkan royalti berkelanjutan untuk NFT Anda, royalti mungkin tidak dibayarkan jika NFT dijual di pasar yang berbeda.

Memasok

Seperti yang telah kita diskusikan, suplai NFT biasanya (dan hampir selalu) 1, yang membuatnya unik dan tidak dapat dipertukarkan. Namun, ituadalah mungkin untuk memiliki pasokan lebih besar dari 1, setiap NFT identik dalam segala hal. Harap perhatikan perbedaan antara persediaan dan jumlah edisi NFT, misalnya, NFT The Three Stooges “NFT Hucksters” yang ditunjukkan pada Gambar 2.9 adalah #5 dalam edisi 30.

GAMBAR 2.9 Tiga Antek “NFT Hucksters” NFT 5/30

Pasokan NFT khusus ini adalah 1. Angka 5 dari 30 NFT ini unik. Hanya ada satu "NFT Hucksters" 5 dari 30 NFT. Namun, ada 30 edisi NFT "NFT Hucksters". Setiap NFT dalam seri diberi nomor yang jelas. Jadi, pasokan setiap NFT adalah 1, meskipun ada 30 edisi NFT.

Apa yang Sebenarnya Ada di NFT?

Apakah semua aspek NFT bersama-sama di satu tempat di blockchain? Tidak juga. NFT sebenarnya adalah kontrak pintar (kode pemrograman) berdasarkan standar ERC721 (untuk NFT berbasis Ethereum). Semua aspek NFT sebelumnya ditetapkan dalam kontrak pintar. Selain pasokan danroyalti yang sedang berlangsung, aspek NFT terkandung dalam metadata kontrak pintar. Metadata adalah data tentang data lain. Misalnya, metadata untuk kartu perdagangan game digital NFT mungkin terlihat seperti berikut:

{

    "name": "Elven Wizard",

    "image": "storage.googleapis.com/game-image

/0x0d7b893b3wdd389cf022530ccd1743ac1db56e4e/0127847.png",

    "description": "Common Alpha Edition wizard of elven descent.",

    "attributes": [

        {

            “trait type”: “Strength”,

            “value”: 16

        },

    {

            “trait type”: “Dexterity”,

            “value”: 20

        },

    {

            “trait type”: “Wisdom”,

            “value”: 19

        },

    {

            “trait type”: “Constitution”,

            “value”: 15

        }

    ]

}

 

Perhatikan bahwa gambar NFT tidak ada dalam kontrak pintar, melainkan disimpan di tempat lain dan dirujuk dalam metadata. Alasan utamanya adalah karena blockchain akan macet dengan file gambar dan video yang besar jika file tersebut disimpan di blockchain. Itulah mengapa sangat mahal untuk menerapkan kontrak pintar yang menyertakan file gambar dan video. Bahkan lebih mahal untuk menyimpan metadata secara on-chain. Jadi, sebagian besar proyek juga menyimpan metadata di luar rantai, dengan referensi dalam kontrak pintar ke lokasi metadata.

Ada dua solusi utama untuk menyimpan metadata dan file off-chain. Yang pertama adalah solusi penyimpanan cloud, seperti Amazon AWS atau Google Cloud, dan yang lainnya adalah InterPlanetary File System (IPFS). IPFS adalah jaringan komputer peer-to-peer terdesentralisasi di seluruh dunia (mirip dengan blockchain) di mana data dan file disimpan di beberapa lokasi. Meskipun ini adalah solusi utama, metadata dan file dapat disimpan di mana saja di Internet.

Jadi, NFT secara teknis adalah referensi ke data dan file, dan seperti yang akan kita bahas di bab berikutnya, bagaimana data dan file ini disimpan penting.

Elemen Ekstrinsik NFT

Selain aspek intrinsik NFT yang dibahas dalam bab ini, NFT juga memiliki elemen ekstrinsik . Setiap NFT, seperti setiap karya, memiliki cerita di baliknya, yang terkait dengan NFT, baik dinyatakan atau tidak.

Salah satu alasan mengapa Anda membaca buku ini adalah karena Anda ingin terlibat dengan NFT, kemungkinan mulai membuat sendiri, dan akhirnya menjadi sukses dalam hal itu. Bagi banyak merek, influencer, perusahaan, dan individu lain yang ingin terlibat dengan NFT, mungkin tergoda untuk melihat penjualan NFT yang sukses dan berpikir bahwa seseorang dapat menjual NFT mereka sendiri hanya dengan kekuatan nilai yang mereka berikan, pengalaman yang mereka ciptakan, atau sejarah yang mereka ikuti hingga saat itu.

Sayangnya, ini tidak terjadi.

Untuk mencapai kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan, NFT harus memiliki elemen ekstrinsik berikut:

·      Kisah menarik tentang "mengapa" Anda (pencipta) masuk ke pasar NFT

·      Reputasi yang dapat Anda terjemahkan ke NFT Anda

·      Jaminan masa depan nilai NFT yang langgeng (atau meningkat)

Anda mungkin hanya ingin menyelam, membuat beberapa NFT, bersenang-senang, dan melihat apa yang terjadi. Itu bagus, dan Anda mungkin mencapai sasaran beberapa kali. Namun, jika Anda serius menjadikannya sebagai usaha jangka panjang yang mengubah hidup, yang pasti mungkin, berusahalah untuk elemen-elemen ekstrinsik ini.

Lebih dari 14 tahun yang lalu, Mike Winkelmann (alias Beeple) memulai perjalanan untuk membuat karya seni digital dari awal setiap hari. Hari ini, koleksi Everydays ini mencapai 5.100+ karya seni yang kuat.

Sebagai ilmuwan komputer, Beeple tidak memiliki latar belakang seni. Dia hanya ingin belajar menggambar dan merasa bahwa menerbitkan sebuah karya setiap hari akan membangun pengikut yang membantunya tetap bertanggung jawab atas prestasi ini.

Apakah visinya untuk akhirnya menjual 5.000 karya seni pertama 13,5 tahun kemudian dalam bentuk NFT seharga $69 juta? Mungkin tidak. Tapi itu terjadi. Membongkar mengapa penjualan besar-besaran ini terjadi, kita dapat memastikan beberapa elemen penting.

Mengapa?

Sederhananya, mengapa Anda ingin membuat NFT? Tidak ada jawaban benar atau salah. Apa yang mendorongmu? Apa yang memotivasi Anda? Apakah ada insiden menghasut tertentu? Bagaimana Anda bisa mengungkapkan "mengapa" Anda di NFT Anda dan kepada audiens Anda? Gunakan "mengapa" Anda untuk membangun pengikut.

Kisah Beeple tentang "mengapa" sangat meyakinkan. Seluruh mereknya secara organik selaras untuk menjadi artis NFT. Hingga penjualan NFT pertamanya, Beeple mengeluarkan karya seninya dari media digital dan menjual cetakan fisik paling banyak $100. Sebagai seniman digital native, sangat wajar jika arsip seni digitalnya dikumpulkan dalam media digital. Selanjutnya, seluruh premis Everydays adalah untuk menunjukkan pertumbuhan konsistensi kreatif harian. Oleh karena itu, memiliki salah satu ciptaannya berarti memiliki sepotong perjalanan Beeple. Kisah apa yang akan Anda ceritakan yang akan membuat NFT Anda menarik bagi para kolektor?

Reputasi

Reputasi Beeple adalah otentik. Dia menghabiskan 14 tahun memberi (dan jarang mengambil dari) komunitasnya. Beeple menginspirasi orang lain untuk memperbaiki diri mereka sendiri, apakah itu berarti mempelajari Cinema 4D dan OctaneRender (perangkat lunak yang dia gunakan untuk membuat karya seninya yang memukau) atau sekadar mengikuti langkahnya dan melakukan tugas setiap hari untuk meningkatkannya. Reputasi berjalan jauh. Apa reputasi Anda, dan bagaimana hal itu selaras dengan kisah "mengapa" Anda?

Jaminan masa depan

Membeli NFT Beeple datang dengan jaminan masa depan. Kami tahu bahwa Beeple akan terus menciptakan Everydays ke masa depan, yang meyakinkan kolektor potensial bahwa Beeple ada di dalamnya untuk jangka panjang. Dia tidak akan berada di sini hari ini, pergi besok. Bagaimana Anda akan menunjukkan kepada pasar NFT bahwa Anda ingin tumbuh bersama komunitas?

Ketika kami membandingkan kesuksesan besar Beeple dalam NFT dengan kegagalan NFT Basquiat, kami belajar lebih banyak tentang elemen ekstrinsik penting yang kami sebutkan sebelumnya.

Menjelang akhir April 2021, DayStrom mendaftarkan versi NFT Sisir Gratis Jean-Michel Basquiat dengan potongan Pagoda . Selain memiliki NFT, siapa pun yang memenangkan lelang akan diberikan hak untuk menghancurkan Basquiat fisik asli—menghapusnya sepenuhnya dari media fisik dan hanya menyisakan versi digital. Teori di balik ini adalah bahwa menghancurkan yang asli akan membuat NFT lebih berharga.

Setelah beberapa hari (tanpa tawaran), NFT telah dihapus dari penjualan karena sengketa hak cipta.

Bagaimana mungkin seorang ilmuwan komputer yang menciptakan seni digital di waktu luangnya dapat menjual NFT senilai lebih dari $75 juta, tetapi seorang ikon seni tidak dapat memperoleh satu tawaran pun?

Meskipun ini adalah cerita yang menarik tentang karya tersebut, mereka mengabaikan fakta bahwa kolektor mungkin tidak tertarik untuk menghancurkan sebuah karya seni oleh salah satu seniman paling berpengaruh dalam sejarah Amerika. Lebih jauh, apakah mereka berencana mendaftarkan semua karya Basquiat sebagai NFT? Akankah mereka semua diberi kesempatan untuk menghancurkan yang asli? Strategi ini tidak menunjukkan jaminan masa depan.

Tidak setiap penurunan NFT yang berhasil menggabungkan elemen ekstrinsik yang tercantum sebelumnya. Dan itu juga sama sekali bukan panduan lengkap untuk menjual NFT Anda, yang akan kita bahas di Bab 7 , “Menjual NFT.”

Pada Januari 2005, seorang pria bernama Dave Roth secara tidak sengaja membuat sejarah Internet dengan mengambil foto putrinya yang berusia 4 tahun, Zo, berdiri di depan sebuah rumah yang terbakar dengan nakal melihat ke belakang ke kamera. Foto itu menyebar seperti api dan menjadi meme "Gadis Bencana", salah satu meme yang paling dikenal dalam sejarah. Enam belas tahun kemudian, foto asli dijual sebagai NFT seharga 180 ETH (atau lebih dari $700.000 pada saat penulisan ini).

Meskipun kami tidak tahu mengapa @3FMusic membeli NFT, kami dapat berasumsi bahwa itu karena reputasi dan signifikansi historisnya, daripada jaminan masa depan atau cerita yang menarik.

Nilai yang ditempatkan pada NFT mungkin masih tampak seperti teka-teki bagi Anda. Tidak lebih dari penilaian acak yang ditarik keluar dari topi. Dalam bab berikutnya, kita akan mengeksplorasi secara lebih rinci mengapa NFT memiliki nilai.

Paling tidak, Anda sekarang harus memahami mengapa orang mengumpulkan, apa itu NFT, berbagai jenis NFT, aspek NFT, dan beberapa elemen ekstrinsik yang membuat NFT menarik.

Sekarang, ke nilai NFT.



Comments

Popular Posts