Apa itu NFT?
BAB 1
Pengantar NFT
Dengan banyak akun, Google terlambat ke permainan mesin
pencari. Didirikan pada tahun 1998, itu adalah 24 th mesin
pencari untuk datang ke tempat kejadian. Apa Google 24 th sekarang?
Larry
Page dan Sergey Brin, salah satu pendiri Google, berfokus pada membedakan mesin
telusur mereka dan menciptakan produk yang menarik sejak
awal. Memonetisasi mesin pencari adalah sebuah renungan. Mesin
pencari adalah tentang menghubungkan orang-orang dari kueri ke tujuan. Ini
adalah permainan memahami maksud pengguna. Apa yang ingin mereka
temukan? Idealnya, mesin melakukannya dengan benar pada hasil pencarian
pertama; jika tidak, Anda memaksa pengguna untuk bekerja keras menemukan
apa yang mereka cari.
Ide revolusioner Google adalah PageRank , sistem
peringkat yang memprioritaskan halaman web berdasarkan bukti
sosial. Semakin banyak domain lain menautkan ke halaman web, semakin
tinggi peringkatnya di hasil pencarian Google karena ada bukti sosial dari
pengguna lain bahwaitu adalah sumber yang bermanfaat. Metode pengindeksan
Google sangat kontras dengan mesin pencari lainnya, yang memberi peringkat
halaman dengan menganalisis konten halaman untuk kepadatan kata kunci.
Didukung
oleh teori peringkat konten web yang unggul ini, Google menunjukkan janji untuk
memiliki utilitas yang lebih baik daripada mesin pencari lainnya saat
itu. Ini juga menarik perhatian para pionir komputasi. Bahkan sebelum
Google didirikan, ia menerima investasi pertamanya sebesar $100.000 dari Andy
Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems—sebuah legenda di dunia
komputasi. Google melengkapi investasi ini pada tahun 1998 dengan uang
dari tiga investor malaikat lainnya, termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos,
profesor ilmu komputer Universitas Stanford David Cheriton, dan pengusaha Ram
Shriram.
Page dan
Brin hanyalah sepasang anak pintar dari Stanford yang mencoba memecahkan
masalah di Internet. Fokus laser mereka dalam menciptakan produk hebat
yang memahami maksud pencarian pengguna adalah utilitas yang mereka bawa ke
dunia. Utilitas yang mereka buat cukup menarik perhatian beberapa nama
besar di bidang teknologi. Tidak sampai dua tahun kemudian mereka akhirnya
memasukkan AdWords ke dalam mesin pencari mereka dan memonetisasi lalu lintas
mereka.
Kami
melihat banyak kesamaan ketika membandingkan hari-hari awal Internet dengan
token non-fungible awal (NFT). Sebagian besar NFT tidak memiliki utilitas
di luar spekulasi investasi—dengan cara yang hampir sama seperti Ask Jeeves dan
Yahoo Search hanya bergabung dalam aksi mesin pencari tanpa diferensiasi
nyata. Dan karena kita berada di masa awal NFT, proyek tanpa arah ini bisa
mendapatkan banyak perhatian, meskipun tidak ada kasus penggunaan untuk
mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, kita akan melihat fokus yang
lebih besar pada NFT dengan utilitas—proyek token yang memecahkan masalah atau
menciptakan sesuatu yang unik bagi pengguna. Proyek-proyek yang tidak
memiliki kasus penggunaan akan kehilangan uang nyata yang akan dihasilkan
beberapa tahun dari sekarang.
Ambil contoh, Bored Ape Yacht Club. Para pendiri telah
menciptakan 10.000 NFT Kera Bosan yang bertindak sebagai kartu keanggotaan ke
dalam Internet Yacht Club. Saat ini, kartu keanggotaan ini memberi Anda
akses ke kamar mandi digital tempat Anda dapat mengambil “pena” dan menggambar,
menulis, atau membuat coretan di dinding setiap 15 menit. Kedengarannya
tidak penting, tetapi ini adalah pengalaman yang unik. Mereka telah
mengukir lingkungan digital yang hanya diperuntukkan bagi pemilik NFT Kera
Bosan. Ya, Kera Bosan pada dasarnya adalah barang koleksi. Tapi akses
dan utilitas yang mereka berikan yang menggairahkan kami untuk masa depan
proyek ini.
Access
mungkin merupakan kasus penggunaan NFT yang paling signifikan saat
ini. Dengan kata lain, untuk apa memiliki NFT memberi Anda
akses? Kita pasti akan melihat kegunaan NFT melampaui ini. Terutama
mengingat banyaknya variasi dan keragaman orang yang masuk ke NFT saat ini, ada
begitu banyak individu yang menarik dengan semua jenis ide yang berkumpul untuk
berkolaborasi dan menciptakan pengalaman ajaib.
Sekarang
saatnya bereksperimen, berkolaborasi dengan orang lain, dan tidak bekerja dalam
silo. Buku ini adalah produk dari dua orang yang bereksperimen dengan NFT
di bidangnya masing-masing dan memulai percakapan acak yang menggelembung
menjadi lebih banyak lagi.
QuHarrison
Terry bekerja untuk menjual NFT WorldStarHipHop Chain dan menciptakan
likuiditas untuk NFT yang berfokus pada budaya pop. Matt Fortnow
menciptakan NFT Three Stooges resmi dan merenungkan bagaimana kekayaan
intelektual ikonik bisa eksis sebagai NFT.
Mari kita putar kembali rekaman itu ke awal Internet 1.0 hari:
1995. Matt mempraktikkan hukum hiburan di New York City ketika beberapa saudara
dari Universitas Carnegie Mellon merekrutnya untuk memulai sebuah perusahaan
Internet. Mereka mendirikan Commissioner.com, layanan olahraga fantasi
pertama di Web, yang mereka jual ke CBS SportsLine pada tahun 1999. Selalu
mencarimengembangkan penggunaan untuk teknologi baru, Matt sangat terlibat
dalam blockchain pada tahun 2015, realitas virtual/augmented reality (VR/AR)
pada tahun 2016, dan NFT pada tahun 2020. Sebenarnya melalui koneksi VR/AR ia
bertemu dengan QuHarrison.
QuHarrison
mengingat:
“Suatu hari saya mendapat telepon dari seorang teman yang
mengatakan saya harus berbicara dengan pria Matt Fortnow ini. Ini adalah
puncak awal hype NFT pada Maret 2021, jadi saya terbiasa berbicara dengan
banyak orang tentang banyak ide NFT setiap hari. Percakapan itu
berlangsung sendiri dan berlangsung selama beberapa jam. Kami baru saja
membahas tentang bagaimana NFT semua tentang penjualan dan likuiditas,
kemungkinan tokenizing IP dan aliran pendapatan, dan hanya bersenang-senang
berbagi ide. Di akhir percakapan, kami seperti, 'Ya, kami perlu menulis
buku tentang ini.' Dan begitulah cara seorang pemasar dan pengusaha yang
beralih menjadi pengacara datang untuk menulis buku tentang NFT. Secara
harfiah percakapan kebetulan seputar budaya NFT bersama ini. Dan saya
pikir itulah keindahan ruang ini sekarang. Di ambang setiap teknologi
baru,
Anda
mungkin merasa seperti Anda terlambat ke NFT. Tetapi Anda sebenarnya
berada di awal skema besar karena kita belum melihat semua kasus penggunaan
teknologi ini. Sebagai referensi, hanya ada sekitar 130.000 pengguna aktif
di OpenSea, pasar NFT terbesar, pada Agustus 2021. Dengan lebih dari empat
miliar orang yang memiliki akses ke Internet di seluruh dunia, kita sama sekali
tidak berada di dekat masa NFT yang menyenangkan.
Jika Page
dan Brin mengira mereka terlambat ke Internet pada tahun 1998, kami tidak akan
memiliki mesin pencari paling efektif dan intuitif yang kami miliki saat
ini. Tetapi mereka melihat teknologi Internet yang muncul di sekitar
mereka dan memiliki teori tentang bagaimana hal itu dapat dilakukan dengan
lebih baik. Di situlah kita berada dengan NFT hari ini.
Ambil informasi dalam Buku Pegangan NFT sebagai
titik awal perjalanan NFT Anda. Kami akan membawa Anda menelusuri sejarah
NFT hingga dasar-dasar pembuatan dan pengumpulan NFT untuk memasarkan NFT Anda,
dan banyak lagi. Ada banyak orang berbicara tentang NFT dan berbagi
pemikiran, strategi, dan ide mereka. Gunakan buku ini sebagai landasan
untuk keluar dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang menarik minat Anda
tentang NFT.
Dilengkapi
dengan apa yang telah Anda pelajari dalam buku ini, mulailah terhubung dengan
orang-orang di ekosistem NFT. Ada banyak komunitas NFT di Twitter,
Clubhouse, Discord, Instagram, dan tujuan Internet lainnya dengan orang-orang
seperti Anda yang ingin terhubung dan belajar satu sama lain. Pada tahap
ini dalam masa pakai NFT, ada gunanya berkomunikasi, bereksperimen, dan
berkolaborasi. Pada akhirnya di kanon NFT, kami tidak tahu apakah proyek
NFT saat ini yang kami lihat akan lebih mirip dengan Infoseek (salah satu mesin
pencari paling awal, tidak ada saat ini) atau Google (terlambat dalam permainan
tetapi menciptakan keunggulan produk yang berdiri lebih kuat hari ini).
Kami juga telah membuat TheNFThandbook.comdengan
sumber daya dan tautan yang luas. Karena ruang NFT terus berkembang, situs
web akan menampilkan informasi terbaru yang sedang berlangsung.
Saat kita
menyelam, pertanyaan pertama Anda mungkin, "Apa itu NFT?"
BAB 2
Apa itu NFT?
Bahkan
sebelum Anda berpikir tentang token non-fungible (NFT), yang dalam bentuk
paling dasar adalah koleksi digital unik yang diamankan oleh blockchain, Anda
harus memahami cara kerja koleksi. Mungkin perumpamaan Beanie Babies
eklektik berikut akan memperjelas psikologi yang tidak menentu dan eksentrik di
balik mengapa kami mengumpulkan.
Mengapa Orang
Mengumpulkan
Sebelum
NFT, ada Beanie Babies…
Dari perangko hingga senjata Perang Saudara hingga sepatu kets,
orang mengumpulkan banyak objek berbeda dalam berbagai format. Jadi, tidak
mengherankan jika ada pasar untuk barang koleksi dalam bentuk
digital. Secara konseptual, itu membingungkan. Tapi atas dasaringin
memiliki barang unik yang tidak dimiliki orang lain, koleksi digital sedikit
berbeda dari rekan fisiknya. Oleh karena itu, untuk memahami mengapa orang
mengumpulkan NFT, kami akan membandingkannya dengan koleksi fisik yang
menggemparkan dunia pada 1990-an: Beanie Babies .
Sejak
didirikan pada tahun 1993, Ty Warner, pendiri Beanie Babies, membangun
kelangkaan ke dalam produknya. Mainan mewah didistribusikan dalam jumlah
kecil ke pengecer kecil, menghindari pengecer berantai dan pesanan besar sama
sekali. Ty tidak ingin orang dapat menemukan atau membeli setiap Beanie
Baby yang mereka inginkan.
Perusahaan
merahasiakan jumlah Beanie Baby yang beredar. Ini "menghentikan"
produksi Bayi Beanie tertentu untuk menciptakan lebih banyak
eksklusivitas. Itu sengaja membiarkan kesalahan cetak dan Beanie Babies
yang salah melalui celah-celah, yang akan menjadi edisi mainan yang sangat
langka.
Sekitar
waktu yang sama dengan kebangkitan Beanie Babies dalam kesadaran publik, eBay
muncul dan memposisikan dirinya sebagai pasar online untuk membeli dan menjual
barang koleksi di seluruh dunia. Itu adalah hubungan sinergis yang
menggelembungkan nilai jual kembali Beanie Babies dan memvalidasi eBay sebagai
alat yang berharga bagi spekulan di semua pasar barang koleksi.
Mereka
yang cukup beruntung untuk mendapatkan salah satu dari uang 5 plushi yang sudah
pensiun, setidaknya dapat melihat pengembalian dua atau tiga kali lipat dengan
mendaftarkannya di eBay. Beberapa kesalahan cetak yang lebih jarang,
seperti salah cetak "Pinchers the Lobster" sebagai "Punchers the
Lobster," menghasilkan satu kolektor lebih dari $ 10.000.
Kegilaan
Beanie Babies sedang memuncak menjelang akhir 1990-an. Perampokan dan
bahkan pembunuhan pun terjadi karena pengejaran mainan mewah
tersebut. Misalnya, di sebuah toko Hallmark di West Virginia pada tahun
1999, seorang penjaga keamanan ditembak dan dibunuh ketika ketegangan tinggi
karena pengiriman Beanie Babies yang terlambat.
Orang dewasa yang waras mencari kesempatan untuk mendapatkan satu
Beanie Baby yang mengubah hidup. Satu set perceraian berjuangtentang siapa
yang mendapatkan koleksi Beanie Babies, percaya bahwa itu adalah aset paling
berharga yang harus dibagi keduanya.
Kemudian
pada tahun 1997, McDonald's menggila dengan Ty Inc. Bersama-sama mereka
meluncurkan lini produk Teenie Beanies di McDonald's Happy Meals dan mulai
menjual 100 juta mainan mewah mini hanya dalam 10 hari.
Majalah, seperti Mary Beth's Beanie World ,
yang terjual 650.000 eksemplar per bulan pada puncaknya, menerbitkan seluruh
spread di Beanie Babies, membahas nilainya sebagai investasi spekulatif, yang,
dengan strategi yang tepat, dapat menghasilkan lebih dari cukup untuk mengirim
anak ke perguruan tinggi.
Tepat
ketika Beanie Babies tampaknya menjadi koleksi yang akan bertahan selama
beberapa dekade, semuanya runtuh. Pembicaraan tentang penilaian mereka
yang berlebihan memicu longsoran para penimbun Beanie Babies untuk mendaftarkan
mainan mereka di eBay, menyebabkan kelebihan pasokan yang signifikan. Pada
gilirannya, harga Beanie Babies anjlok.
Tampaknya
dalam semalam, koleksi Beanie Babies yang dianggap berharga oleh orang-orang
menjadi hampir tidak berharga. Kisah Chris Robinson Sr.—pria yang
menghabiskan lebih dari $100.000 untuk Beanie Babies untuk investasi
spekulatif—menjadi simbol kekalahan telak yang dialami pasar barang koleksi
ini.
The Financial Times dengan tepat
menyebut Beanie Babies "saham dot-com dunia ibu sepak bola di paruh kedua
tahun 1990-an." Kami tidak menarik perbandingan ini untuk mengatakan
bahwa NFT ditakdirkan untuk nasib yang sama seperti Beanie Babies, yaitu
gelembung koleksi yang pasti akan pecah. Sebaliknya, Beanie Babies
memberikan pandangan yang sangat baik tentang dinamika mengapa orang
mengoleksi.
Prinsip dasar yang sama yang mendorong orang untuk mengumpulkan
Beanie Babies mendorong orang untuk mengumpulkan NFT: kelangkaan . Meskipun faktor lain mendorong
kolektor untuk mengumpulkan, seperti investasi, spekulasi, hubungan emosional,
ketakutan akan kehilangan (FOMO), dan “sensasi berburu”, inti dari pengumpulan
adalah kelangkaan. Tidak pentingapa yang kami kumpulkan, kami melakukannya
karena jumlahnya terbatas.
Mungkinkah pasar NFT ambruk? Apa pun mungkin. Tetapi
tidak seperti Beanie Babies, NFT memberikan solusi dunia nyata untuk masalah
yang mengganggu pasar seni dan barang koleksi, seperti yang kita bahas di Bab 3 ,
“Mengapa NFT Memiliki Nilai.”
Sekarang
setelah kita membahas mengapa orang mengumpulkan, baik itu koleksi fisik atau
digital, mari selami topik yang ada: NFT.
Apa Sebenarnya NFT?
NFT umumnya dikenal sebagai jenis koleksi digital tertentu,
seperti seni digital dari Beeple, kartu perdagangan digital dari Rob
Gronkowski, video pendek dari Saturday Night Live ,
gambar Curly of The Three Stooges yang meramal dengan Curly yang tidak dapat
dibuka. -esque keberuntungan, atau salah satu CryptoKitties. Tapi apa
sebenarnya NFT itu?
NFT adalah item unik yang diverifikasi dan diamankan oleh
blockchain, teknologi yang sama yang digunakan untuk
cryptocurrency. Sebuah NFT memberikan keaslian asal, kepemilikan, keunikan
(kelangkaan), dan keabadian untuk item tertentu. Mari kita pecahkan
istilah token non-sepadan sedikit demi sedikit.
Token
Mari kita mulai dengan kata token . Menurut Dictionary.com , salah satu definisi token adalah “sebuah
kenang-kenangan; suvenir; kenang-kenangan.” Karena NFT umumnya
dikenal sebagai koleksi digital, orang mungkin berpikir bahwa token dalam NFT berasal dari definisi
ini. Meskipun mungkin berlaku (agak), token di NFT
berasal dari sesuatu yang sama sekali berbeda: blockchain.
Beberapa dari Anda mungkin resah, “Oh tidak, ini dia bagian
teknisnya. Saya hanya ingin tahu apa itu NFT.” Untuk memahami
sepenuhnya apa itu NFT, Anda perlu belajar sedikit tentang
blockchain. Kami berjanji untuk tidak membuatnya terlalu rumit.
Anda mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin dan mungkin beberapa
cryptocurrency lainnya. Menurut Investopedia, cryptocurrency adalah “mata uang digital atau
virtual yang diamankan oleh kriptografi.” Ketahuilah bahwa cryptocurrency
adalah mata uang digital yang ada di Internet. Anda dapat membeli dan
menjualnya untuk tujuan investasi, membeli barang dengan mereka, atau bahkan
mempertaruhkannya (pada dasarnya meminjamkan mereka untuk mendapatkan bunga).
Setiap
kali seseorang bertransaksi dengan cryptocurrency, baik membeli, menjual,
mentransfer, mempertaruhkan, atau membeli sesuatu dengan cryptocurrency,
transaksi itu harus diverifikasi. Proses verifikasi menentukan apakah
pengirim memiliki jumlah cryptocurrency yang dikirim. Inilah yang membuat
cryptocurrency aman dan dapat diandalkan.
Ketika transaksi cryptocurrency diverifikasi, misalnya dengan
Bitcoin, verifikasi dilakukan pada sekelompok transaksi,
bukan satu transaksi. Kumpulan transaksi mata uang kripto ini dikenal
sebagai blok . Setiap blok memiliki kapasitas
penyimpanan tertentu. Setelah blok diisi dan transaksi telah dikonfirmasi,
blok transaksi kemudian ditambahkan ke blok yang telah diverifikasi sebelumnya,
menciptakan rantai blok yang terus berkembang: blockchain . Proses
berulang, dan blockchain tumbuh lebih lama dan lebih lama (lihat Gambar
2.1 ).
Jadi,
blockchain dari cryptocurrency adalah daftar semua transaksi (setiap satu) dari
mata uang itu, kembali ke awal cryptocurrency itu.
Setiap kali seseorang membeli atau menjual Bitcoin, membeli
sesuatu dengan Bitcoin, menukar Bitcoin, atau mentransfer Bitcoin, transaksi
itu terdaftar di blockchain Bitcoin. Jumlah transaksi Bitcoin harian
mencapai sekitar 400.000 pada Januari 2021,dan Ethereum (cryptocurrency
terbesar kedua) diproses lebih dari 1,1 juta kali per hari ( Statista.com ). Pikirkan blockchain sebagai buku
besar akuntansi yang sangat panjang.
GAMBAR
2.1 Sebuah blockchain
Koin vs Token.
Ketika berbicara tentang cryptocurrency tertentu, orang sering
menggunakan istilah koin dan token secara bergantian. Tapi itu salah
karena ada perbedaan penting.
Cryptocurrency yang berupa koin, seperti Bitcoin, Litecoin,
Dogecoin, dan Ethereum, memiliki blockchain masing-masing. Sebaliknya,
token adalah cryptocurrency yang tidak memiliki blockchain
sendiri. Sebagai gantinya, token menggunakan blockchain koin
lain. Misalnya, GameCredits (GAME) dan SushiToken (SUSHI), di antara
ribuan lainnya, adalah token yang menggunakan blockchain Ethereum. Token
Cryptocurrency yang ada di blockchain Ethereum juga dikenal sebagai token
ERC20. ERC20 adalah standar Ethereum untuk membuat token
cryptocurrency.
GameCredits
adalah kasus yang menarik karena pada awalnya merupakan koin dengan
blockchainnya sendiri. Tetapi untuk memanfaatkan fungsionalitas yang lebih
besar yang ditawarkan jaringan Ethereum, ia beralih menjadi token
ERC20. Jadi, sekarang semua transaksi GameCredits (dan semua transaksi
token ERC20 lainnya) dicatat di blockchain Ethereum. Inilah alasan mengapa
Ethereum memproses begitu banyak transaksi dalam sehari.
Jadi, token di NFT
adalah token cryptocurrency. NFT ada di blockchain. Saat ini,
sebagian besar NFT dibuat di danhidup di blockchain Ethereum. Beberapa NFT
dibuat dan ada di WAX, Binance Smart Chain, dan beberapa blockchain lainnya.
Tidak dapat dipertukarkan
Jadi, kita sudah mendapatkan bagian tokennya. Sekarang mari
kita beralih ke non-sepadan . Apa yang
dimaksud dengan fungibel ? Menurut Dictionary.com , fungible adalah kata sifat yang berarti
"(terutama barang) yang memiliki sifat atau jenis yang dapat ditukar atau
diganti secara bebas, seluruhnya atau sebagian, dengan sifat atau jenis lain
yang serupa." Mari kita mulai dengan beberapa contoh.
Dolar
bisa dipertukarkan. Jika kami memberi Anda uang lima dolar dan Anda
mengembalikan lima uang kertas satu dolar, nilai tukarnya sama. Tidak
masalah uang dolar mana yang Anda berikan kepada kami. Katakanlah Anda
memiliki setumpuk uang kertas satu dolar. Anda bisa memberi kami lima dari
mereka, dan itu tidak masalah. Anda bahkan bisa Venmo kami
$5. Faktanya adalah bahwa dolar sepenuhnya dapat dipertukarkan.
Demikian
pula, cryptocurrency dapat dipertukarkan. Jika Anda mengirimi kami
Bitcoin, kami tidak peduli dari dompet mana itu berasal; a Bitcoin adalah
Bitcoin, sama seperti dolar adalah dolar.
Bahkan
beberapa barang atau komoditas (seperti yang ditunjukkan oleh definisi
sebelumnya), seperti barel minyak, dianggap sepadan. Tidak masalah barel
mana yang Anda kirimkan kepada saya. Setiap barel minyak dengan kadar yang
sama bisa digunakan.
Menggunakan
definisi sebelumnya, tampak jelas bahwa barang-barang yang tidak dapat
dipertukarkan tidak dapat ditukar atau diganti secara bebas dengan
barang-barang serupa. Misalnya, berlian tidak dapat
dipertukarkan. Setiap berlian unik dalam ukuran, warna, kejernihan, dan
potongannya. Jika Anda membeli berlian tertentu, itu tidak akan mudah
dipertukarkan dengan berlian lain.
Demikian
juga, NFT tidak dapat dipertukarkan. Setiap NFT adalah unik. Anda
tidak dapat dengan bebas menukar atau mengganti satu NFT dengan yang lain.
Tapi apa yang membuat setiap NFT unik? Lagi pula, bukankah
mudah untuk mengunduh, menyalin, dan berbagi gambar dari Internet? Ya,
tetapi Anda dapat mengambil foto (atau lebih baik membuat gambar) dan mencetak gambar itu menjadi token yang ada di
blockchain. Kami menggunakan istilah mint seperti
mencetak koin fisik.
Ketika
koin dan token cryptocurrency dibuat, mereka dicetak. Biasanya, jutaan
atau bahkan miliaran koin atau token ditambang atau dicetak untuk mata uang kripto
tertentu. Umumnya, cryptocurrency memiliki persediaan yang beredar, jumlah
koin atau token yang telah dicetak, dan persediaan maksimum (maksimum), jumlah
total koin yang dapat dicetak. Jumlah pasokan maksimal dimasukkan ke dalam
kode asli yang menciptakan cryptocurrency dan tidak dapat diubah.
Bandingkan
ini dengan mata uang fiat, seperti dolar AS, yang persediaannya dapat terus
meningkat dengan mencetak lebih banyak dolar. Semakin banyak dolar
dicetak, nilai setiap dolar menurun, dengan asumsi bahwa permintaan dolar tetap
sama. Dengan demikian, tidak ada pasokan maksimal dolar atau mata uang
fiat lainnya.
Bitcoin
memiliki persediaan maksimum 21.000.000 koin, sedangkan Uniswap (UNI), token
ERC20, misalnya, memiliki persediaan maksimum 1.000.000.000 token. Setiap
NFT berfungsi seperti mata uang kripto, tetapi NFT memiliki persediaan maksimal
1. Itulah yang membuat NFT unik dan tidak dapat dipertukarkan; mereka
tidak dapat secara bebas ditukar dengan sesuatu yang sejenis karena tidak ada
yang sejenis. Pikirkan NFT seperti lukisan asli: hanya ada
satu. Mungkin ada salinan lukisan atau cetakan yang dibuat, tetapi hanya
ada satu yang asli.
Meskipun kami baru saja mengatakan bahwa NFT memiliki persediaan
maksimum 1, adalah mungkin untuk mencetak NFT dengan persediaan lebih besar
dari 1. Misalnya, Anda dapat mencetak 100 "salinan" dari NFT yang
sama. Secara teknis, ini adalah 1 NFT dari 100 token. Masing-masing
token bisa menjadidapat ditukar dengan token lain dari NFT yang sama karena
mereka akan sama dalam segala hal. Meskipun NFT multitoken ini dianggap
sebagai NFT, kami tidak akan secara teknis menyebutnya sebagai NFT karena
mereka sepadan, meskipun dengan persediaan terbatas, tetapi masih sepadan.
GAMBAR
2.2 NFT Three Stooges “All Stooge Team”, #19 dari 30
Kita perlu membedakan antara NFT multitoken dan edisi terbatas
atau seri NFT dari desain tertentu. Misalnya, Rob Gronkowski mengeluarkan
empat seri NFT, desain setiap seri mewakili salah satu kejuaraan sepak
bolanya. Setiap seri memiliki 87 (menjadi nomor jersey-nya) edisi, dan
setiap NFT secara individual ditandai 1/87, hingga 87/87. Demikian pula,
seri NFT Three Stooges "All Stooge Team" adalah edisi dari 30 NFT
yang ditandai secara individual. Gambar
2.2 menunjukkan #19 dalam seri tersebut.
Meskipun merupakan bagian dari rangkaian 30, NFT yang digambarkan
pada Gambar
2.2 adalah token unik dengan pasokan 1, yang memang membuatnya
menjadi NFT. Demikian pula, masing-masing NFT Gronk juga merupakan NFT
unik.
Seseorang dapat membuat analogi dari edisi terbatas seperti itu,
NFT yang ditandai secara individual dengan serangkaian cetakan lukisan yang
juga ditandai secara individual, berurutan. Sedangkan analogi NFT
multitoken adalah patung yang dicetak dari cetakan beberapa kali, dan kemudian
cetakannya rusak. Setiap patung adalah asli, tetapi juga identik dengan
patung-patung lain dari cetakan. Jika setiap patung ditandai secara
berurutan, membuat masing-masing unik, maka analogi ini tidak akan berlaku
dalam kasus ini.
Nomor
edisi dapat memiliki penilaian yang berbeda. Dengan cetakan seni fisik,
kami biasanya memberikan nilai terbesar untuk edisi pertama dari seri cetak,
yaitu edisi 1 dari 500. Namun, dengan NFT, pendorong penilaian edisi dapat
bervariasi. Misalnya, dengan NFT Top Shots NBA, biasanya nomor edisi yang
cocok dengan nomor jersey pemain di NFT spesifik itu menjadi edisi yang paling
berharga. Bagi LeBron James, edisi #23 seringkali yang paling berharga,
seperti halnya edisi #77 dengan Luka Doncic atau edisi #11 dengan Kyrie
Irving. Tanpa penggerak nilai alternatif seperti itu, edisi 1 kemungkinan
akan mencapai nilai tertinggi, seperti cetakan seni.
Juga,
perhatikan bahwa dalam edisi NFT Rob Gronkowski dan The Three Stooges, masing-masing
NFT bernomor individual harus dicetak secara terpisah. Dalam kasus NFT
multitoken, semua token NFT tersebut dibuat dalam satu pencetakan.
Jenis NFT
Umumnya,
ketika Anda memikirkan NFT, Anda memikirkan seni digital dan barang
koleksi. Ini adalah NFT yang mendapatkan semua pers, terutama dengan
beberapa harga jual yang tinggi. Tetapi ada beberapa jenis NFT populer
lainnya, dan kami akan membahas semuanya di bagian ini.
Seni Digital dan Koleksi
Seni digital adalah bentuk seni yang relatif baru, yang
berasal dari tahun 1950-an. Ketika komputer menjadi mana-mana pada 1980-an
dan 1990-an, media meledak. Seniman tidak hanya menciptakan seninya dengan
alat digital, seperti komputer atau smartphone, tetapi sifat digital dari seni
itu sendiri adalah medianya. Seni hanya ada dalam format
digital. Tentu, sebuah gambar dapat dicetak, tetapi seni digital sejati
dimaksudkan untuk tetap digital.
Koleksi digital mirip dengan seni
digital karena dibuat secara digital dengan maksud untuk tetap dalam format
digital. Namun, koleksi umumnya memiliki tema populer tertentu yang
berkaitan dengannya. Contoh lagi adalah NFT kartu perdagangan digital Rob
Gronkowski dan NFT The Three Stooges. Tentu saja, sejumlah besar
kreativitas artistik masuk ke koleksi ini, dan mereka adalah karya seni digital
dengan hak mereka sendiri. Misalnya, NFT Gronk diilustrasikan oleh seniman
Black Madre, dengan arahan kreatif oleh Gronk, dan beberapa NFT The Three
Stooges dibuat oleh seniman Patrick Shea.
Namun
selain karya seni digital, nilai koleksinya adalah hubungan NFT dengan Gronk
atau The Three Stooges. Koleksi digital seperti koleksi sebenarnya,
seperti kartu sepak bola, tetapi hanya ada dalam format
digital. Perhatikan bahwa koleksi digital tidak harus berupa seni digital
semata. Koleksi digital bisa berupa foto digital.
Seni digital atau koleksi juga bisa berupa materi nondigital yang sudah ada dengan menambahkan elemen artistik digital. Misalnya, The Three Stooges NFT disebut "Itu Bitcoin Saya!" adalah foto yang ada dengan Bitcoin yang dibuat secara digital dimasukkan secara digital (lihat Gambar 2.3 ). Contoh ini terlihat jelas, mengingat saat foto asli diambil dan waktu Bitcoin dibuat, tetapi terkadang tidak begitu jelas.
GAMBAR
2.3 Tiga Antek “Itu Bitcoin Saya!” NFT
Umumnya, seni digital atau NFT tertagih dapat mengambil salah satu
bentuk berikut:
·
Gambar-gambar
·
Video
·
GIF
·
audio
·
model 3D
·
Buku dan prosa
Gambar-gambar.
Banyak
NFT hanyalah gambar diam, seperti salah satu CryptoPunks atau ciptaan
Beeple. Gambar dapat mencakup semua jenis foto, baik yang diambil secara digital
maupun digital (dipindai) ke dalam format digital. Tentu saja, gambar
dapat berupa karya seni asli atau, seperti yang telah dibahas sebelumnya,
kombinasi keduanya. Sama sekali tidak ada gerakan dalam gambar diam.
Dengan NFT, tidak ada batasan ukuran gambar atau resolusinya,
meskipun beberapa pasar NFT mungkin membatasi ukuran file yang mungkin Anda
buat. Umumnya, Anda ingin memberikan gambar dalam resolusi tinggi, yang
memungkinkannya ditampilkan di layar yang lebih besar.
Sebuah gambar dapat berupa gambar raster (kadang-kadang disebut
sebagai bitmap ) atau grafik vektor. Gambar raster,
seperti .jpg dan .png , file lebih umum. Ini adalah gambar yang terdiri dari
kotak kecil (piksel). Masalah dengan gambar raster adalah jika Anda
memperbesarnya (meningkatkannya), Anda akan kehilangan kualitas
gambar. Grafik vektor di sisi lain, seperti .svg file, menggunakan persamaan matematika untuk menggambar
garis dan kurva (jalur vektor) antara berbagai titik. Keuntungannya adalah
gambar dapat ditingkatkan ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas
gambar. Ukuran file grafik vektor umumnya juga lebih
kecil. Keuntungan dari gambar raster adalah mereka memungkinkan kedalaman
warna yang lebih banyak, karena setiap piksel dapat berupa satu dari jutaan
warna, sehingga ideal untuk foto.
Video.
Video
adalah format populer lainnya untuk NFT. NBA Top Shots NFTs, yang berisi
video sorotan dari momen-momen dalam sejarah NBA, telah mencapai penjualan
lebih dari $500 juta. Tidak mengherankan, NFT LeBron James telah menjadi
yang paling populer.
Video
tidak terbatas pada rekaman video yang sebenarnya, tetapi juga bentuk seni
digital yang semakin populer. Misalnya, kartu koleksi Rob Gronkowski
bukanlah gambar statis, melainkan video. Mereka dirancang dengan efek
keren. Karya seni Gronk tidak hanya memasukkan kartu dari samping, tetapi
kartu juga "terbalik" untuk menunjukkan informasi lebih rinci di
bagian belakang, seperti nomor edisi dan beberapa statistik terkait sepak bola
Rob Gronkowski.
Meskipun sebagian besar format video tidak berulang secara alami,
beberapa situs, seperti OpenSea, akan memutar video secara
otomatis. Karenaini, bingkai terakhir dari video sering kali dirancang
untuk sejajar dengan bingkai pertama, menciptakan lingkaran yang
mulus. Misalnya, salah satu NFT Sean Mendes menampilkan sosok berputar
dari patung Sean seperti kartun yang terus berputar. Dalam beberapa kasus
dengan video, bingkai terakhir tidak sejajar dengan bingkai pertama, dan gambar
tersentak kembali ke awal. Ini dapat memiliki efek yang sedikit
menggelegar, itulah sebabnya saat membuat video atau GIF (dibahas selanjutnya),
lebih baik membuat loop yang mulus.
Namun, ketika berhadapan dengan rekaman video sebenarnya yang
tidak dimaksudkan untuk berputar dengan mulus, karakter tampaknya melompat kembali
ke posisi semula. Ini tidak selalu buruk, tetapi loop yang mulus,
setidaknya bagi kami, lebih menyenangkan secara estetika. Contoh dari hal
ini adalah NFT The Three Stooges “Disorder in the Court”, di mana Curly “dengan
tenang” memiliki cara yang aneh dalam mempersiapkan dirinya untuk kursi
saksi. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan ketika berhadapan dengan
rekaman video lama kecuali mencoba menemukan "adegan" pendek yang
berakhir dekat dengan tempat dimulainya. Gambar
2.4 adalah frame pertama dan terakhir dari NFT “Disorder in the
Court”.
GAMBAR
2.4 Bingkai pertama dan terakhir dari The Three Stooges
“Disorder in the Court” NFT |
GIF.
Sebuah Gif adalah jenis
tertentu dari format file yang sering digunakan untuk membuat pendek, video
sederhana yang secara otomatis mengulang (atau loop). GIF adalah singkatan
dari Graphic Interchange Format, yang juga mendukung gambar
diam. Faktanya, GIF pada awalnya dikembangkan untuk gambar diam, tetapi
karena beberapa gambar dapat disimpan dalam satu file GIF, GIF menjadi ideal
untuk video pendek atau animasi. Beberapa orang menyebut GIF video atau
animasi sebagai GIF animasi. Tetapi bagi kami (dan kebanyakan orang), meskipun
GIF dapat berupa gambar diam, menyebut GIF sebagai GIF animasi adalah
berlebihan. Tidak ada alasan untuk menggunakan format file GIF kecuali
jika dianimasikan.
Keuntungan GIF dibandingkan file video standar adalah mereka
secara otomatis berulang secara alami; tidak perlu tombol putar. Di
situs seperti OpenSea, video NFT standar (seperti dalam .mp4 format) akan diputar dan diulang secara otomatis, tetapi itu
hanya di halaman NFT. Jika Anda membuka halaman koleksi, Anda akan melihat
gambar pratinjau (atau thumbnail) NFT, dengan tombol putar, dan Anda perlu
mengklik tombol putar untuk memutar video di halaman koleksi. Dengan GIF,
karena format GIF berulang secara otomatis, Anda akan melihat video berulang di
halaman pratinjau dan juga di halaman NFT. Tidak akan ada tombol putar
pada GIF di halaman koleksi. Faktanya, Anda tidak akan pernah melihat
tombol putar pada GIF di mana pun, karena secara otomatis akan berulang.
Ada
beberapa kelemahan GIF karena merupakan teknologi yang lebih tua. Salah
satu kelemahan GIF adalah terbatas pada 256 warna. Ini mungkin tidak
terlihat atau menjadi masalah bagi sebagian besar animasi, tetapi pasti akan
terlihat jika Anda mengonversi video berkualitas tinggi ke GIF. Jika
kualitas video dan resolusi NFT penting, maka file video lebih
disukai. Perhatikan juga bahwa GIF tidak memiliki audio.
Ukuran file GIF juga jauh lebih besar dari file video standar
seperti MP4. Ini terutama karena algoritma kompresi untuk GIF kurang
efisien. Jadi, saat membuat GIF, mungkin perlu mengurangi dimensi gambar
atau video atau mengurangikecepatan bingkai (jumlah bingkai, atau gambar, per
detik). Mengurangi durasi (dalam waktu) video juga akan membantu, itulah
sebabnya GIF biasanya berupa video atau animasi pendek, hanya beberapa atau
beberapa detik.
Ini
membawa kita ke pertanyaan tentang cara membuat GIF. Ada perangkat lunak
khusus untuk membuat GIF dan perangkat lunak video lainnya dari mana Anda dapat
mengekspor kreasi Anda dalam format GIF. Ada juga konverter GIF online
yang akan mengonversi sebagian besar file video standar menjadi
GIF. Namun, kita harus berhati-hati, saat menggunakan pengonversi online
jenis apa pun karena saat Anda mengunggah kreasi Anda ke Internet, Anda tidak
pernah benar-benar tahu di mana mereka akan berakhir. Jika Anda menggunakannya,
pastikan bahwa itu adalah salah satu dengan reputasi yang baik.
Kata
terakhir tentang GIF: mereka hebat. Mereka bekerja sangat baik sebagai
NFT, tetapi umumnya hanya untuk animasi pendek, baik seni digital atau koleksi.
audio.
Ya, Anda
dapat membuat NFT audio. Kings of Leon adalah band populer pertama yang
merilis album sebagai NFT, dan menghasilkan lebih dari $2 juta dalam
penjualan. Selain artis besar, artis independen juga menemukan NFT audio,
dan jenis NFT lainnya, sebagai cara yang bagus tidak hanya untuk menjual musik
mereka tetapi juga untuk memberi energi dan memperluas basis penggemar mereka.
Untuk NFT, sebaiknya gunakan .wav file audio jika tersedia, bukan .mp3 file. .wav file
tidak terkompresi, sementara .mp3 file
dikompresi, yang menghasilkan kualitas suara yang lebih tinggi untuk .wav file.
Di
beberapa pasar NFT, seperti OpenSea, Anda harus menyertakan gambar pratinjau
(atau GIF) untuk NFT audio. Ini bisa berupa sampul album atau gambar atau
GIF lainnya.
Model 3D.
Sebuah Model 3D adalah
representasi tiga dimensi tertentu dunia nyata atau objek konseptual atau
desain yang artistik. Model 3D merupakan bagian integral dari beberapa
industri, termasuk virtual dan augmented reality, video game, film, arsitektur,
danpencitraan medis dan ilmiah lainnya, untuk beberapa nama. Pemodelan 3D
juga semakin populer di kalangan seniman digital.
Model 3D
dapat dilihat dengan headset virtual atau augmented reality. Mereka juga
dapat ditampilkan pada layar dua dimensi dan diputar ke segala arah dengan
"mengambil" rendering dengan mouse komputer Anda (atau jari pada
smartphone atau tablet) dan menggerakkannya, serta memiliki kemampuan untuk
memperbesar dan memperkecil. . Anda juga dapat mencetak (membuat model
fisik) model 3D dengan printer 3D.
Anda
dapat membuat NFT model 3D di beberapa pasar, seperti OpenSea. Aplikasi
seluler VeVe adalah pasar yang mengkhususkan diri dalam menjual NFT model 3D.
Buku dan Prosa.
Konten
NFT dapat berupa teks saja, seperti puisi, cerita pendek, atau bahkan
keseluruhan buku. Saya belum pernah melihat terlalu banyak buku NFT atau
contoh prosa lainnya, tapi pasti ada beberapa di luar sana. Jadi, jika
Anda mencari cara lain untuk memonetisasi tulisan Anda, NFT mungkin bisa
menjadi pilihannya.
Item Dalam Game
Saat ini
terdapat 2,81 miliar pemain video game di seluruh dunia, dan jumlahnya
diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 3 miliar pada tahun 2023. Ini
merupakan persentase yang cukup signifikan dari populasi dunia.
Dalam banyak game populer, seperti Counter-Strike:
Global Offensive (CS:GO) dan Dota 2 , item
dalam game, termasuk senjata, baju besi, dan kulit (desain yang menutupi baju
besi Anda atau perlengkapan lainnya), tersedia untuk dijual sebagai item dalam
game. Jadi, jika Anda ingin bersiap dengan cepat, alih-alih mendapatkan
item dalam game, yang dapat menghabiskan berjam-jam gameplay, Anda dapat
membeli berbagai perlengkapan sebagai gantinya. Banyak gamer menginginkan
lebih banyak daya tembak dan keuntungan lain dalam sebuah game dan tidak ingin
menunggu. Pengembang game meraup untung besar dari item ini, karena hanya
sedikitkode komputer. Menurut situs web game Gods Unchained yang populer , pada tahun
2019, pemain menghabiskan $87 miliar untuk item dalam game .
Pemain
sering mengumpulkan banyak item sepanjang pengalaman bermain game mereka dengan
game tertentu. Pada titik tertentu, pemain itu ingin beralih ke permainan
yang berbeda—pengalaman menyenangkan berikutnya. Pada awalnya, pemain akan
terjebak dengan item dalam game yang mereka beli (terkadang dengan jumlah yang
relatif signifikan). Kemudian, pasar item dalam game mulai bermunculan, di
mana para pemain dapat menjual barang-barang mereka yang tidak lagi dibutuhkan
kepada pemain baru yang ingin bersiap-siap untuk permainan dan mencari harga
yang wajar. Juga, beberapa item bisa menjadi langka dan tidak lagi
tersedia dalam game. Menurut berbagai laporan, seseorang membayar mulai
dari $ 100.000 hingga $ 150.000 untuk kulit CS: GO yang langka.
Masalah
dengan "memiliki" item dalam game ini adalah bahwa mereka tunduk pada
keinginan pengembang game. Jika basis pengguna game turun, pengembang
mungkin berhenti mendukungnya, membuat item Anda tidak berguna. Bagaimana
jika Anda membayar sejumlah besar item langka, lalu pengembang game membuat
ribuan item lagi? Bagaimana jika Anda dilarang bermain game? Beberapa
game tidak mengizinkan penjualan item dalam game, dan jika ketahuan,
kemungkinan besar Anda akan diblokir. Juga, seperti banyak industri, pasar
sekunder item dalam game dapat dipenuhi dengan scammers.
GAMBAR 2.5 Penjualan NFT “Ban Menengah” Delta Time F1 di OpenSea |
NFT berisi masing-masing properti dan peningkatan peralatan,
seperti efek bagian tertentu pada akselerasi mobil Anda, pegangan, dan
kecepatan tertinggi. Dan karena mereka NFT, kepemilikan dan keaslian item
diverifikasi oleh blockchain.
Kartu Perdagangan Digital
Ketika Anda memikirkan kartu perdagangan, Anda mungkin berpikir
tentang kartu bisbol atau kartu lain yang dikemas dalam kemasan, mungkin dengan
sebatang permen karet. Setidaknya itulah yang terlintas dalam
pikiran.Jenis lain dari kartu perdagangan populer adalah kartu
perdagangan permainan digital yang dapat dikoleksi untuk
permainan populer seperti Magic: The Gathering. Seberapa populerkah Magic:
The Gathering? Menurut Wikipedia, ada lebih dari 35 juta pemain, dan lebih
dari 20 miliar kartu Magic diproduksi antara tahun 2008 dan 2016. Ini adalah
kartu fisik yang sebenarnya, digunakan dalam permainan, yang dapat mewakili
berbagai jenis energi atau mantra. Kartu ajaib diperdagangkan di bursa dan
situs seperti eBay.
Anda
mungkin pernah mendengar tentang Gunung Gox, salah satu bursa Bitcoin pertama,
yang terkenal karena telah diretas. Awalnya dimulai sebagai situs web
untuk berdagang kartu Magic: The Gathering. Gunung Gox adalah singkatan
dari “Magic: The Gathering Online eXchange.”
Evolusi
berikutnya dalam permainan kartu perdagangan digital membawa mereka
online. Salah satu contoh populer adalah Hearthstone oleh Blizzard
Entertainment. Menurut Wikipedia, pada akhir 2018, Hearthstone
mengumpulkan lebih dari 100 juta pemain. Secara teknis, meskipun Hearthstone
dimainkan dengan kartu, mirip dengan Magic: The Gathering, ini bukan permainan
kartu perdagangan karena kartunya tidak dapat diperdagangkan. Terlepas
dari permintaan pemain, Blizzard tidak menambahkan fungsi ini. Ini mungkin
mengapa, atau setidaknya salah satu alasan, popularitas Hearthstone telah
menurun.
Dengan demikian, inilah alasan munculnya kartu perdagangan NFT,
khususnya kartu permainan koleksi digital dalam nada Magic: The Gathering dan
Hearthstone. Salah satu contoh populer adalah Gods Unchained , di mana kartu yang Anda peroleh
atau beli adalah NFT, dicetak di jaringan Ethereum. Mereka dapat digunakan
dalam permainan, diperdagangkan, dan dijual di pasar NFT. Fakta bahwa
mereka adalah NFT berarti bahwa pemain benar-benar memiliki kartu mereka, dan
mereka dapat membuangnya sesuka mereka. Situs web Gods Unchained membanggakan, "Jika Anda tidak
dapat menjual barang-barang Anda, Anda tidak memilikinya."
Real Estat Digital
Mirip dengan item dalam game, real estat digital ,
juga dikenal sebagai real estat virtual, dapat dijual sebagai NFT. Real
estat digital agak seperti sebuah oxymoron karena tidak nyata. Itu hanya
ada di lingkungan virtual. Tetapi untuk tujuan lingkungan virtual, itu
adalah real estat karena tanah atau strukturnya di atas tanah dan dapat memiliki
nilai dunia nyata.
Dunia virtual, seperti Decentraland, adalah lingkungan online yang
mensimulasikan dunia nyata di mana banyak orang menjelajahi dunia dan
berinteraksi melalui avatar mereka ,
yang merupakan representasi pengguna yang disesuaikan. Seperti pemukim
tua, orang-orang di dunia maya memiliki keinginan untuk membeli sebidang tanah
yang bagus di dunia maya dan menetap. Atau, seperti di dunia nyata,
spekulan dapat membeli beberapa plot dengan harapan membaliknya untuk
mendapatkan keuntungan di masa depan.
Menurut
Reuters, “Decentraland telah melihat lebih dari $ 50 juta dalam total
penjualan, termasuk tanah, avatar, nama pengguna, dan perangkat yang dapat
dikenakan seperti pakaian virtual. Sebidang tanah berukuran 41.216 meter
persegi virtual dijual seharga $ 572.000 pada 11 April, yang menurut platform
itu adalah rekor.
NFT
adalah cara sempurna untuk menjual dan mentransfer tanah virtual, karena
kepemilikan dan keaslian tanah diverifikasi di blockchain. Sandbox adalah
contoh dunia virtual di mana semua aset dan tanah berbasis NFT. Mereka
memiliki pasar bawaan, tetapi salah satu keuntungan NFT adalah mereka dapat
dijual di pasar NFT mana pun, seperti OpenSea. Bahkan, Sandbox bahkan
memiliki koleksinya sendiri di OpenSea tanah virtual.
Mirip
dengan bagaimana akta real estat memiliki deskripsi properti berdasarkan
survei, NFT tanah digital juga menentukan lokasi tanah di dunia
maya. Transfer akta real estat biasanya dicatat di kantor panitera
setempat. Transfer NFT tanah digital dicatat di blockchain.
Apakah real estat digital ini nyata? Ya, karena dunia maya
sangat populer. Gim Fortnite memiliki lebih dari 350 juta pengguna
terdaftar saja. Meskipun Anda belum dapat membeli tanah di Fortnite, dunia
virtual Sandbox telah menjual lebih dari 76.000 NFT “LAND”, dengan nilai
agregat $20 juta. Seiring dengan meningkatnya adopsi realitas virtual,
permintaan akan lahan virtual juga akan meningkat, terutama jika pada suatu
saat ada metaverse , ruang virtual bersama kolektif yang
luas mirip dengan Oasis di Ready Player One . Namun,
tidak perlu menunggu untuk itu, ketika menyangkut pengeluaran dolar dunia
nyata. Pada Maret 2021, rumah virtual NFT terjual lebih dari $500.000.
Nama Domain
Pasar
OpenSea NFT memiliki seluruh bagian untuk nama domain. Domain Blockchain menghasilkan
NFT yang hebat. Tapi mari kita buat perbedaan penting di sini: kita
berbicara tentang domain blockchain, bukan nama domain biasa yang Anda pikirkan
saat menjelajahi Internet.
Setiap hari kami menggunakan nama domain dengan ekstensi
seperti .com , .net , .org , .tv , dan beberapa ekstensi umum lainnya untuk mengakses
berbagai situs web di Internet. Ekstensi domain umum ini, juga dikenal
sebagai domain tingkat atas , pada akhirnya dikelola dan
diawasi oleh otoritas terpusat: Internet Corporation for Assigned Names and
Numbers (ICANN), yang merupakan organisasi nirlaba swasta yang menetapkan
kebijakan untuk Nama Domain global System (DNS) dan melacak siapa yang memiliki
nama domain mana.
Alih-alih menjadi bagian dari ICANN, kepemilikan domain blockchain
ditentukan oleh blockchain, sama seperti kepemilikan cryptocurrency dan NFT
ditentukan oleh blockchain. Demikian pula, domain blockchain juga disimpan
di dompet cryptocurrency. Kami akan membahas lebih banyak tentang dompet
cryptocurrency di Bab 6 ,“Membuat
dan Mencetak NFT.” Intinya, domain blockchain adalah aset blockchain, yang
menjadikannya NFT.
Nama domain Blockchain memiliki ekstensi seperti .cryptodan .ethdan tidak
umum digunakan untuk mengakses situs web. Sebaliknya, mereka digunakan
terutama untuk menyederhanakan pembayaran cryptocurrency. Seperti yang
akan kita bahas lebih lanjut di Bab 6 ,
alamat cryptocurrency adalah aliran panjang angka dan huruf acak. Alamat
ini juga dapat disebut sebagai alamat publik atau kunci publik Anda, berbeda
dengan kunci pribadi yang Anda gunakan untuk mengamankan dompet cryptocurrency
Anda. Kita akan membahasnya lebih dalam di Bab 6 .
Alamat Bitcoin biasanya memiliki 34 karakter, misalnya, 18ZW9AQGdsYcCUYrrp1NDrtjAnTnTX4zRG. Alamat Ethereum
memiliki 42 karakter, misalnya 0x969Bbaa8473180D39E1dB76b75bC89136d90BD84. Dengan .cryptodomain, Anda dapat mengaitkan nama domain dengan alamat kripto
Anda. Misalnya, Anda memiliki nama domain example.crypto. Dalam hal ini, Anda dapat mengaturnya
sehingga Anda dapat menerima Bitcoin, Ethereum, atau mata uang kripto lainnya
dengan nama domain tersebut alih-alih alamat yang panjang. Ketika
seseorang menanyakan alamat Anda, Anda cukup mengirimkan nama domain Anda, dan
mata uang kripto yang dikirim akan menuju ke alamat mata uang kripto terkait
Anda. Salah satu kelemahannya adalah jika seseorang mengirim
cryptocurrency salah mengeja nama domain Anda, Anda tidak akan menerimanya, dan
bahkan mungkin berakhir di dompet orang lain.
Meskipun
saat ini tidak umum, domain blockchain juga bisa menjadi alamat situs web
seperti domain TLD biasa. Penyelesaian domain tidak akan melalui DNS yang
dikendalikan ICANN, tetapi melalui rute alternatif. Situs web domain
blockchain semacam itu tidak akan dikenai sensor potensial oleh otoritas
terpusat. Sebagian besar browser hanya mendukung nama domain DNS, tetapi
ada ekstensi browser yang memungkinkan browser untuk menyelesaikan domain blockchain. Di
masa depan (dekat?), ekstensi browser tidak akan diperlukan.
Keuntungan dari domain blockchain adalah, sebagai NFT, Anda
membayarnya sekali, dan itu milik Anda. Pendaftar untuk domain TLD reguler
membebankan biaya perpanjangan tahunan. Jika Anda tidak membayar biaya
perpanjangan untuk alasan apapun, Anda akan kehilangan nama domain
Anda. Dengan domain blockchain, tidak ada biaya perpanjangan—ini langsung
menjadi milik Anda.
Jual beli nama domain TLD biasa telah berlangsung selama beberapa
dekade dan telah menjadi bisnis besar bagi spekulan. Pengadopsi Internet
awal yang meraih domain kata umum seperti hotels.comtelah
menguangkan dalam waktu besar. Kembali pada tahun 2001, hotels.comdijual
seharga $ 11 juta. Baru-baru ini, pada 2019 voice.comdijual
seharga $ 30 juta.
Domain Blockchain saat ini dalam fase adopsi awal dan belum
menjadi mainstream seperti nama domain TLD biasa. Namun demikian, pasar
domain blockchain NFT sudah mulai memanas dengan $100,000 yang dibayarkan untuk
domain blockchain NFT win.crytpo. Masih
ada beberapa peluang besar untuk mengambil domain blockchain kata umum, yang
kemungkinan akan meningkat nilainya seiring dengan meningkatnya adopsi domain
blockchain. Tentu saja, tidak ada jaminan berapa lama waktu yang
dibutuhkan, atau apakah adopsi massal akan terjadi sama sekali. Itu
sebabnya mereka disebut spekulan.
Tiket Acara
Kita
semua pernah ke acara di mana Anda memiliki tiket fisik yang Anda tunjukkan
saat masuk. Tiket semakin digital, meskipun tiket fisik masih banyak
digunakan. Bahkan tiket digital dapat berupa kode batang di perangkat Anda
yang Anda cetak dan tunjukkan sebagai tiket fisik. Beberapa layanan
digital ticketing seperti Eventbrite memberikan kemudahan bagi event organizer
untuk menjual tiket. Namun, masalah masih tetap ada, terutama untuk acara
besar seperti konser dan acara olahraga.
Terkadang Anda tidak bisa datang ke acara tersebut, dan Anda
mungkin ingin menjual tiket Anda. Ada juga calo tiket yang akan membeli
blok tiket dengan maksud untuk menciptakan kelangkaan dan menjual kembali tiket
ini untuk mendapatkan keuntungan. Matt ingat berjalan di sekitar Yankee Stadium
sebelum pertandingan yang terjual habis dengan Red Sox mencari beberapa
tiket. Sebagai penggemar yang berpengalaman, dia dapat melihat tiket palsu
yang mungkin coba digadaikan oleh beberapa karakter teduh sebagai tiket
asli. Untungnya, dia tidak pernah terbakar. Tapi suatu kali ketika
memasuki pertandingan playoff Knicks di Madison Square Garden, orang-orang di
depannya "Ditolak," seperti yang biasa dikatakan Clyde
Frazier. Mereka telah membeli tiket palsu. Menurut artikel CNBC.com pada tahun 2018, sekitar 12 persen orang melaporkan bahwa
mereka telah membeli tiket konser secara online yang ternyata palsu.
Selain
penipuan, pasar tiket sekunder telah berkembang menjadi $15 miliar. Pasar
sekunder ini telah difasilitasi oleh situs seperti StubHub, pasar untuk penjual
dan pembeli tiket. StubHub memverifikasi tiket yang dijual, tetapi layanan
ini membebankan biaya yang signifikan. Plus, Anda mungkin perlu
mengirimkan tiket atau menerima tiket Anda melalui pos, atau kurir semalam jika
acara sudah dekat. Lebih penting lagi, tidak ada keuntungan dari tiket
yang dijual di pasar sekunder masuk ke penyelenggara acara, promotor konser,
atau artis pertunjukan.
Masukkan
tiket NFT, yang memecahkan masalah ini.
Pertama, dengan tiket NFT ,
Anda tidak memerlukan organisasi terpusat untuk memverifikasi validitas tiket
karena, seperti yang dibahas sebelumnya, keaslian NFT diverifikasi oleh
blockchain. Kedua, NFT secara terprogram dapat memberikan persentase
tertentu dari keuntungan yang dihasilkan dari penjualan kembali secara otomatis
dikirim ke organisasi yang membuat tiket. Mark Cuban, pemilik tim NBA
Dallas Mavericks, seorang maverick sendiri dalam hal teknologi, sedang berpikir
untuk mengubah tiket Mavericks menjadi NFT. Dalam CNBC.comartikel Maret
2019 , dia berkata, “Kami ingin dapat menemukan cara agar tidak hanya
bisakonsumen kami, penggemar kami, membeli tiket dan menjualnya kembali, tetapi
kami terus membuat royalti untuk mereka.”
Tweet
Anda
mungkin pernah mendengar berita pada Maret 2021 bahwa Jack Dorsey menjual tweet
pertamanya sebagai NFT seharga $2,9 juta. Siapa yang mengira Anda bisa
membuat NFT dari sebuah tweet? Ini menunjukkan bahwa kemungkinan dengan
konten NFT bisa lebih besar dari yang diantisipasi.
Aspek NFT
Setiap NFT benar-benar merupakan bagian dari kode pemrograman,
yang pada blockchain Ethereum dikenal sebagai kontrak pintar. Ada
standar yang menentukan apa yang harus dan dapat dimasukkan dalam kode
NFT. Token yang tidak dapat dipertukarkan memiliki karakteristik tertentu
yang membedakannya dari token yang dapat dipertukarkan biasa. Seperti yang
disebutkan, token yang dapat dipertukarkan di jaringan Ethereum juga dikenal
sebagai token ERC20. NFT di jaringan Ethereum adalah token ERC721 atau
ERC1155. Ini adalah serangkaian standar berbeda yang memungkinkan NFT
memiliki berbagai fungsi dan sifat, serta memungkinkan pasar dan dompet bekerja
dengan NFT apa pun di jaringan Ethereum. Perhatikan bahwa blockchain
Ethereum saat ini merupakan blockchain paling populer untuk NFT. Ada
beberapa blockchain NFT lainnya juga, termasuk WAX, yang merupakan singkatan
dari World Asset eXchange. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan
WAX untuk NFT adalah Topps, yang memiliki lisensi untuk hak koleksi (baik
fisik maupun digital) untuk sejumlah liga olahraga, termasuk Major League
Baseball. Blockchain NFT lainnya termasuk FLOW, yang menampilkan NFT NBA
Top Shots, dan Binance Smart Chain. Kami akan membahas secara detail
tentang berbagai pasar NFT diBab 5 ,
“Pasar NFT,” dan blockchain mana yang digunakan setiap pasar.
Selain memungkinkan token yang tidak dapat dipertukarkan untuk
dimiliki dan dipindahtangankan, standar yang dibahas sebelumnya memungkinkan
NFT mengandung aspek-aspek berikut:
·
Nama
·
Isi utama
·
Pratinjau konten
·
Keterangan
·
Sifat-sifat
·
Konten yang tidak dapat dibuka
·
Royalti yang sedang berlangsung
·
Memasok
Untuk
semua tujuan praktis, nama, bagian dari konten utama, dan persediaan (yang
biasanya satu) diperlukan. Deskripsi, konten yang tidak dapat dibuka, dan
royalti berkelanjutan adalah opsional. Sifat dapat menjadi aspek kunci
dari konten utama NFT atau sebenarnya menjadi konten utama NFT. Pratinjau
konten mungkin diperlukan dalam keadaan tertentu. Berbagai jenis dan
variasi dibahas selanjutnya.
Nama
Ini cukup mudah. Setiap NFT, seperti setiap karya seni,
memiliki nama . Terkadang Anda akan melihat nomor
edisi, seperti “(2/10)” atau “17 dari 25” di akhir nama. Ini akan
menunjukkan bahwa, pada yang pertama, NFT adalah nomor 2 dalam edisi 10, dan
yang terakhir, nomor 17 dalam edisi 25.
Isi utama
The konten utama dari token
non-sepadan adalah konten tentang yang NFT diciptakan. Anda juga dapat
menganggapnya sebagai tujuan khusus dari NFT dibuat. Misalnya untuksebuah
NFT karya seni digital, seperti yang ditunjukkan pada Gambar
2.6 , konten utamanya adalah gambar, video, GIF, atau model
3D. Konten utama dari nama domain NFT adalah nama domain, yang biasanya
diwakili oleh gambar dan mungkin berisi ciri-ciri tertentu.
GAMBAR
2.6 Gambar seni digital NFT dan nama domain NFT
Bahwa gambar pada Gambar
2.6 adalah konten utama NFT seni digital, gambar tersebut bukan
konten utama NFT nama domain; itu hanya representasi visual dari konten
utama.
Untuk
kartu perdagangan game digital, konten utama NFT berisi gambar (atau GIF) dan
ciri-ciri tertentu, seperti kekuatan mantra atau item lain yang diwakili oleh
gambar tersebut.
Untuk
lahan digital, konten utama adalah lokasi lahan dalam dunia virtual tertentu,
dan biasanya diwakili oleh koordinat XY (X, Y).
Di mana visual adalah konten utama NFT, konten semacam itu bisa
dalam hampir semua format file. Namun, jika Anda membuat NFT di salah satu
dari beberapa pasar, format dan ukuran file yang diizinkan bervariasi dari
pasar ke pasar. Jika Anda membuat NFT di OpenSea, misalnya, konten ini
dapat dalam salah satu format file berikut: JPG (gambar), PNG (gambar), GIF,
SVG (grafik vektor), MP4 (video), WEBM (video), MP3 (audio), WAV (audio), OGG
(audio), GLB (model 3D),atau GLTF (model 3D). Di OpenSea, ukuran file
maksimum yang diizinkan adalah 40 MB.
Pratinjau Konten
Jika konten utama bukan gambar, seperti halnya dengan NFT audio,
konten utama dapat diwakili oleh konten pratinjau ,
yang sebagian besar berupa gambar atau GIF. Gambar tersebut dapat berupa
artwork sampul album atau artwork, foto, atau gambar lain untuk mewakili lagu
tersebut. Perhatikan bahwa secara terprogram, NFT tidak memerlukan gambar
pratinjau. Tujuan dari gambar pratinjau adalah untuk membuat NFT lebih
terlihat dan berbeda di pasar dan koleksi, dibandingkan dengan grafik umum dari
dua not musik, atau tidak sama sekali.
Ada
perbedaan yang jelas antara gambar pratinjau dan gambar mini. Thumbnail
adalah gambar atau video berukuran kecil, yang umumnya digunakan untuk mewakili
NFT ketika ada beberapa NFT yang disajikan pada halaman tertentu, seperti di
pasar atau koleksi. Umumnya, mengklik thumbnail akan membawa Anda ke
halaman detail NFT atau ke gambar atau video ukuran penuh yang diwakili oleh
thumbnail. Jika ada tombol putar pada gambar mini video dan Anda
mengekliknya, video akan diputar, alih-alih membawa Anda ke halaman detail NFT.
Keterangan
Ini juga cukup mudah. Selain menjelaskan NFT, deskripsi dapat digunakan untuk menunjukkan nomor
edisi, menjelaskan konten yang tidak dapat dibuka, memberikan pemberitahuan hak
cipta atau merek dagang, dan menyebutkan fasilitas lainnya, jika ada, yang akan
diberikan kepada penawar tertinggi.
Berikut ini adalah deskripsi dari Official Three Stooges “Crypto
Moe” NFT:
“The Stooges telah menggunakan 8 bit, yang, jika Anda
memikirkannya, empat kali lebih baik daripada dua bit.
“Koleksi
NFT Crypto Moe yang sangat langka ini adalah satu-satunya yang unik nomor 1
dalam seri 1. Tidak ada yang lain, dan tidak ada yang lain yang akan dicetak.
“Penawar
tertinggi dari lelang ini juga akan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan
salah satu anggota keluarga Moe.
“The
Three Stooges® adalah merek dagang terdaftar dari C3 Entertainment, Inc.
Karakter, nama, kemiripan, dan semua indikasi terkait The Three Stooges® adalah
merek dagang dan properti dari C3 Entertainment, Inc. © 2021 C3 Entertainment,
Inc. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.”
Keuntungan.
Deskripsi juga merupakan tempat tunjangan tambahan, jika ada,
biasanya disebutkan. Perks adalah
item atau pengalaman tambahan yang juga akan diberikan kepada penawar yang
menang. Misalnya, NFT “(1-of-1) GRONK Career Highlight Card” Rob
Gronkowski memiliki keuntungan ini dalam deskripsi: “Selain memenangkan kartu
NFT Career Highlight, penawar tertinggi dari lelang ini akan diberikan
kesempatan untuk temui Rob Gronkowski dan hadiri salah satu pertandingan sepak
bolanya & menangkan Tiket Akses Lengkap VIP ke Pantai Gronk
berikutnya. (2x tiket / pertandingan yang disepakati bersama di musim
2021).” Kami tidak yakin apa itu Pantai Gronk, tetapi kedengarannya
menyenangkan. Deskripsi itu juga menambahkan, “Harus mengadakan NFT ini
pada 30 April 2021, untuk menebus penawaran ini.” Jadi, jika ada syarat
khusus untuk tunjangan, itu harus disebutkan juga.
Fasilitas bagus untuk disertakan dalam NFT dan jelas akan
menaikkan nilai NFT. Betapa hebatnya bertemu dengan Gronk?Nah, seseorang
berpikir itu akan sangat luar biasa dan membeli NFT seharga 229+ Ethereum,
nilai pada saat itu lebih dari $433.000.
Barang Fisik.
Deskripsi
NFT juga dapat mengikat NFT ke aset fisik. Misalnya, koleksi Slab di
OpenSea memiliki deskripsi berikut:
·
Kartu Perdagangan NFT Digital yang didukung oleh
aset fisik yang dinilai, alias "Slabs"!
“Kumpulkan
dan investasikan dalam kartu tokenized physical sports and trading
(TCG). Semua token mewakili kartu yang dinilai oleh perusahaan terkemuka
seperti PSA/BGS dengan nilai berbeda. (yaitu, PSA 10 berbeda dan terpisah
dari BGS 9.5) Kartu disimpan dengan aman di lokasi di luar lokasi seperti PWCC
Vault dan lainnya. Bangun koleksi digital Anda dan lewati kerepotan
pengiriman & penyimpanan.
“Anda
dapat menukarkan NFT Anda secara opsional untuk menerima kartu
fisik. Instruksi lengkap ada di konten yang tidak bisa dibuka. Token
yang ditebus dihancurkan, dan pemilik baru bertanggung jawab atas semua biaya
pengiriman, biaya pemenuhan jika berlaku, dan asuransi. Kunjungi tautan
kami untuk lebih jelasnya. NFT dengan nomor seri dari perusahaan
pemeringkat akan cocok dengan yang ditahan, tetapi mungkin tidak selalu sama
persis dengan kartu yang Anda terima. Anda akan selalu menerima nilai yang
sama persis dari perusahaan yang sama.”
Perhatikan
bahwa deskripsi Slab ini tidak ada dalam deskripsi NFT Slab mana pun, tetapi
dalam deskripsi koleksi.
Demikian
pula, seorang seniman digital dapat memasukkan deskripsi NFT bahwa pemilik NFT
berhak atas gambar pena di atas kertas asli yang menjadi dasar karya seni NFT.
NFT adalah cara yang menarik dan nyaman untuk "memiliki"
aset fisik dengan memiliki NFT tanpa harus memiliki aset fisik. Jenis
penggunaan NFT ini kemungkinan akan mendapatkan momentum, tetapi pertanyaan
yang jelas tetap ada: Apa yang terjadi jika pembuat NFT tidak mengirimkan aset
saat Anda menukarkan NFT? Pada kenyataannya, Anda hanya memiliki NFT dan
sebuah janji. Sekali lagi, ini bertentangan dengan nilai aset blockchain
dengan membutuhkan kepercayaan dari pihak ketiga.
Atribut
NFT memiliki kemampuan untuk memuat atribut dan properti
tertentu. Ini sangat penting ketika berhadapan dengan NFT untuk item dalam
game dan kartu perdagangan game digital misalnya. Atribut dapat berupa properti atau kategori
berbeda yang termasuk dalam NFT serta kekuatan atau keunggulan (kadang-kadang
disebut sebagai boost ) yang disediakan NFT
dan berapa banyak kekuatan ekstra atau keuntungan lain yang disediakan
NFT. Sebagai contoh, mari kita lihat atribut NFT dari sepasang ”Sarung
Tangan” balap F1 Delta Time, seperti yang ditunjukkan pada Gambar
2.7 .
Area pertama, berlabel Properties, menunjukkan kategori mana yang
termasuk dalam NFT dan berapa persen NFT yang terkandung dalam kategori
tersebut. Pertama, Anda dapat melihat bahwa sarung tangan ini termasuk
dalam kategori Gear, dan mereka memiliki Gear Type of Gloves. Mereka
berasal dari Musim 2020 dan berada di Tingkat Langka. Kategori ini
ditetapkan oleh pengembang game dan dapat berbeda dari satu game ke game
lainnya. Bandingkan kategori ini dengan yang ditunjukkan pada Gambar
2.8 .
Seperti
yang Anda lihat, kategori properti yang berbeda akan digunakan oleh game yang
berbeda.
Untuk sarung tangan balap NFT, tingkat kelangkaannya adalah 4 dari 9. Meskipun tidak ada penulis yang memainkan F1 Delta Time , kami berasumsi bahwa 4 dari 9 agak langka sedang. Lebih penting untuk permainan akan menjadi dorongan. Seperti yang Anda lihat, sarung tangan memberikan +395dorongan untuk agresi, dorongan +433 untuk konsentrasi, dan dorongan +357 untuk stamina. Kartu Sign of Avarice memiliki level Attack 3, level Health 3, dan level Mana 4. Sekali lagi, kami juga belum memainkan Gods Unchained, tetapi dari apa yang kami pahami, Mana adalah level energi yang dibutuhkan untuk mainkan kartunya.
GAMBAR
2.7 Atribut dari sepasang F1 Delta Time racing "Sarung
Tangan" NFT
Jumlah
atribut atau properti yang dapat dikandung NFT secara teoritis tidak
terbatas. Terserah pengembang game, pembuat NFT, dan batasan tampilan apa
pun yang mungkin diberlakukan oleh pasar tertentu.
Konten yang Tidak Dapat Dibuka
Konten yang tidak dapat dibuka itu
keren. Konten yang hanya dapat dilihat atau diakses oleh pemilik
NFT. Konten yang tidak dapat dibuka tidak hanya menambah nilai karena ada
konten tambahan yang disertakan dalam NFT, tetapi jugajuga menimbulkan rasa
ingin tahu, yang dapat menambah nilai juga. Deskripsi NFT dapat
menjelaskan apa itu konten yang tidak dapat dibuka, atau dapat dibiarkan
sebagai kejutan total.
GAMBAR 2.8 Atribut NFT Tanpa Rantai Dewa dari “Sign of Avarice ID #73809” |
Konten yang tidak dapat dibuka dapat berupa konten apa pun. Selain file aktual (seperti gambar atau video), contohnya termasuk informasi kontak untuk menukarkan item fisik atau fasilitas lainnya, kredensial login untuk sesuatu (seperti situs web atau program pelatihan online), kunci aktivasi game, catatan dari NFT pencipta, atau bahkan keberuntungan Anda seperti yang diceritakan oleh Curly dari The Three Stooges, seperti dalam salah satu NFT Fortune Curly.
Perhatikan bahwa di beberapa pasar, seperti OpenSea, konten yang
dapat dibuka yang sebenarnya dapat dilihat hanyalah teks. Jadi, jika Anda
ingin mengungkapkan beberapa jenis konten lain, seperti gambar atau videofile,
Anda harus memberikan tautan ke file tersebut. Atau Anda dapat memberikan
alamat email dengan instruksi agar mereka mengirim email kepada Anda dan
kemudian mengirim file melalui email kepada mereka.
Royalti yang sedang berlangsung
Aspek terobosan lain dari NFT adalah bahwa pencipta dapat
menetapkan royalti yang berkelanjutan . Artinya,
setiap kali NFT terjual di masa mendatang, persentase tertentu akan kembali ke
pembuat aslinya. Sekarang artis dan pembuat NFT lainnya dapat memperoleh
penghasilan dari penjualan kreasi mereka di masa mendatang tanpa harus
melakukan apa-apa lagi. Jumlah royalti akan otomatis dikirim ke dompet
kreator.
Pencipta
memilih berapa persen royalti yang mereka inginkan; 10 persen tampaknya
adil. Jika tingkat royalti terlalu tinggi, itu adalah disinsentif untuk penjualan
di masa depan. Perhatikan bahwa ketika NFT ditawarkan untuk dijual atau
dilelang di pasar tertentu, seperti OpenSea, pembeli potensial tidak dapat
melihat berapa royalti yang sedang berlangsung.
Perhatikan juga bahwa di OpenSea, royalti sebenarnya ditetapkan
saat Anda membuat koleksi, dan itu akan berlaku untuk semua NFT yang Anda buat
dalam koleksi tertentu. Selain itu, pembuat dapat menunjukkan alamat
tujuan pengiriman royalti, yang dapat berbeda dari (atau sama dengan) alamat
dompet yang digunakan untuk membuat NFT. Kami akan membahas detail tentang
membuat koleksi di Bab 6 ,
“Membuat dan Mencetak NFT.”
Perhatikan
lebih lanjut bahwa jika Anda membuat NFT di pasar tertentu dan menetapkan
royalti berkelanjutan untuk NFT Anda, royalti mungkin tidak dibayarkan jika NFT
dijual di pasar yang berbeda.
Memasok
Seperti yang telah kita diskusikan, suplai NFT biasanya (dan hampir selalu) 1, yang
membuatnya unik dan tidak dapat dipertukarkan. Namun, ituadalah mungkin
untuk memiliki pasokan lebih besar dari 1, setiap NFT identik dalam segala
hal. Harap perhatikan perbedaan antara persediaan dan jumlah edisi NFT,
misalnya, NFT The Three Stooges “NFT Hucksters” yang ditunjukkan pada Gambar
2.9 adalah #5 dalam edisi 30.
GAMBAR 2.9 Tiga Antek “NFT Hucksters” NFT 5/30 |
Pasokan NFT khusus ini adalah 1. Angka 5 dari 30 NFT ini unik. Hanya ada satu "NFT Hucksters" 5 dari 30 NFT. Namun, ada 30 edisi NFT "NFT Hucksters". Setiap NFT dalam seri diberi nomor yang jelas. Jadi, pasokan setiap NFT adalah 1, meskipun ada 30 edisi NFT.
Apa yang Sebenarnya Ada di NFT?
Apakah semua aspek NFT bersama-sama di satu tempat di
blockchain? Tidak juga. NFT sebenarnya adalah kontrak pintar (kode
pemrograman) berdasarkan standar ERC721 (untuk NFT berbasis
Ethereum). Semua aspek NFT sebelumnya ditetapkan dalam kontrak
pintar. Selain pasokan danroyalti yang sedang berlangsung, aspek NFT
terkandung dalam metadata kontrak pintar. Metadata adalah
data tentang data lain. Misalnya, metadata untuk kartu perdagangan game
digital NFT mungkin terlihat seperti berikut:
{
"name": "Elven Wizard",
"image":
"storage.googleapis.com/game-image
/0x0d7b893b3wdd389cf022530ccd1743ac1db56e4e/0127847.png",
"description": "Common Alpha
Edition wizard of elven descent.",
"attributes": [
{
“trait type”: “Strength”,
“value”: 16
},
{
“trait type”: “Dexterity”,
“value”: 20
},
{
“trait type”: “Wisdom”,
“value”: 19
},
{
“trait type”: “Constitution”,
“value”: 15
}
]
}
Perhatikan
bahwa gambar NFT tidak ada dalam kontrak pintar, melainkan disimpan di tempat
lain dan dirujuk dalam metadata. Alasan utamanya adalah karena blockchain
akan macet dengan file gambar dan video yang besar jika file tersebut disimpan
di blockchain. Itulah mengapa sangat mahal untuk menerapkan kontrak pintar
yang menyertakan file gambar dan video. Bahkan lebih mahal untuk menyimpan
metadata secara on-chain. Jadi, sebagian besar proyek juga menyimpan
metadata di luar rantai, dengan referensi dalam kontrak pintar ke lokasi
metadata.
Ada dua solusi utama untuk menyimpan metadata dan file
off-chain. Yang pertama adalah solusi penyimpanan cloud, seperti Amazon
AWS atau Google Cloud, dan yang lainnya adalah InterPlanetary File System
(IPFS). IPFS adalah jaringan komputer peer-to-peer terdesentralisasi di
seluruh dunia (mirip dengan blockchain) di mana data dan file disimpan di
beberapa lokasi. Meskipun ini adalah solusi utama, metadata dan file dapat
disimpan di mana saja di Internet.
Jadi, NFT
secara teknis adalah referensi ke data dan file, dan seperti yang akan kita
bahas di bab berikutnya, bagaimana data dan file ini disimpan penting.
Elemen Ekstrinsik NFT
Selain aspek intrinsik NFT yang dibahas dalam bab ini, NFT juga
memiliki elemen ekstrinsik . Setiap NFT, seperti
setiap karya, memiliki cerita di baliknya, yang terkait dengan NFT, baik
dinyatakan atau tidak.
Salah
satu alasan mengapa Anda membaca buku ini adalah karena Anda ingin terlibat
dengan NFT, kemungkinan mulai membuat sendiri, dan akhirnya menjadi sukses
dalam hal itu. Bagi banyak merek, influencer, perusahaan, dan individu
lain yang ingin terlibat dengan NFT, mungkin tergoda untuk melihat penjualan
NFT yang sukses dan berpikir bahwa seseorang dapat menjual NFT mereka sendiri
hanya dengan kekuatan nilai yang mereka berikan, pengalaman yang mereka
ciptakan, atau sejarah yang mereka ikuti hingga saat itu.
Sayangnya,
ini tidak terjadi.
Untuk
mencapai kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan, NFT harus memiliki
elemen ekstrinsik berikut:
·
Kisah menarik tentang "mengapa" Anda (pencipta) masuk ke
pasar NFT
·
Reputasi yang dapat Anda terjemahkan ke NFT Anda
·
Jaminan masa depan nilai NFT yang langgeng (atau meningkat)
Anda mungkin hanya ingin menyelam, membuat beberapa NFT,
bersenang-senang, dan melihat apa yang terjadi. Itu bagus, dan Anda
mungkin mencapai sasaran beberapa kali. Namun, jika Anda serius
menjadikannya sebagai usaha jangka panjang yang mengubah hidup, yang pasti
mungkin, berusahalah untuk elemen-elemen ekstrinsik ini.
Lebih dari 14 tahun yang lalu, Mike Winkelmann (alias Beeple)
memulai perjalanan untuk membuat karya seni digital dari awal setiap
hari. Hari ini, koleksi Everydays ini mencapai
5.100+ karya seni yang kuat.
Sebagai
ilmuwan komputer, Beeple tidak memiliki latar belakang seni. Dia hanya
ingin belajar menggambar dan merasa bahwa menerbitkan sebuah karya setiap hari
akan membangun pengikut yang membantunya tetap bertanggung jawab atas prestasi
ini.
Apakah
visinya untuk akhirnya menjual 5.000 karya seni pertama 13,5 tahun kemudian
dalam bentuk NFT seharga $69 juta? Mungkin tidak. Tapi itu
terjadi. Membongkar mengapa penjualan besar-besaran ini terjadi, kita
dapat memastikan beberapa elemen penting.
Mengapa?
Sederhananya,
mengapa Anda ingin membuat NFT? Tidak ada jawaban benar atau salah. Apa
yang mendorongmu? Apa yang memotivasi Anda? Apakah ada insiden
menghasut tertentu? Bagaimana Anda bisa mengungkapkan "mengapa"
Anda di NFT Anda dan kepada audiens Anda? Gunakan "mengapa" Anda
untuk membangun pengikut.
Kisah Beeple tentang "mengapa" sangat
meyakinkan. Seluruh mereknya secara organik selaras untuk menjadi artis
NFT. Hingga penjualan NFT pertamanya, Beeple mengeluarkan karya seninya
dari media digital dan menjual cetakan fisik paling banyak $100. Sebagai
seniman digital native, sangat wajar jika arsip seni digitalnya dikumpulkan
dalam media digital. Selanjutnya, seluruh premis Everydays adalah untuk menunjukkan pertumbuhan
konsistensi kreatif harian. Oleh karena itu, memiliki salah satu
ciptaannya berarti memiliki sepotong perjalanan Beeple. Kisah apa yang
akan Anda ceritakan yang akan membuat NFT Anda menarik bagi para kolektor?
Reputasi
Reputasi Beeple adalah otentik. Dia menghabiskan 14 tahun
memberi (dan jarang mengambil dari) komunitasnya. Beeple menginspirasi
orang lain untuk memperbaiki diri mereka sendiri, apakah itu berarti
mempelajari Cinema 4D dan OctaneRender (perangkat lunak yang dia gunakan untuk
membuat karya seninya yang memukau) atau sekadar mengikuti langkahnya dan
melakukan tugas setiap hari untuk meningkatkannya. Reputasi berjalan
jauh. Apa reputasi Anda, dan bagaimana hal itu selaras dengan kisah
"mengapa" Anda?
Jaminan masa depan
Membeli NFT Beeple datang dengan jaminan masa depan. Kami
tahu bahwa Beeple akan terus menciptakan Everydays ke
masa depan, yang meyakinkan kolektor potensial bahwa Beeple ada di dalamnya
untuk jangka panjang. Dia tidak akan berada di sini hari ini, pergi
besok. Bagaimana Anda akan menunjukkan kepada pasar NFT bahwa Anda ingin
tumbuh bersama komunitas?
Ketika kami
membandingkan kesuksesan besar Beeple dalam NFT dengan kegagalan NFT Basquiat,
kami belajar lebih banyak tentang elemen ekstrinsik penting yang kami sebutkan
sebelumnya.
Menjelang akhir April 2021, DayStrom mendaftarkan versi NFT Sisir Gratis Jean-Michel Basquiat dengan potongan Pagoda . Selain
memiliki NFT, siapa pun yang memenangkan lelang akan diberikan hak untuk
menghancurkan Basquiat fisik asli—menghapusnya sepenuhnya dari media fisik dan
hanya menyisakan versi digital. Teori di balik ini adalah bahwa
menghancurkan yang asli akan membuat NFT lebih berharga.
Setelah
beberapa hari (tanpa tawaran), NFT telah dihapus dari penjualan karena sengketa
hak cipta.
Bagaimana
mungkin seorang ilmuwan komputer yang menciptakan seni digital di waktu
luangnya dapat menjual NFT senilai lebih dari $75 juta, tetapi seorang ikon
seni tidak dapat memperoleh satu tawaran pun?
Meskipun ini adalah cerita yang menarik tentang karya tersebut,
mereka mengabaikan fakta bahwa kolektor mungkin tidak tertarik untuk
menghancurkan sebuah karya seni oleh salah satu seniman paling berpengaruh
dalam sejarah Amerika. Lebih jauh, apakah mereka berencana mendaftarkan
semua karya Basquiat sebagai NFT? Akankah mereka semua diberi kesempatan
untuk menghancurkan yang asli? Strategi ini tidak menunjukkan jaminan masa
depan.
Tidak setiap penurunan NFT yang berhasil menggabungkan elemen
ekstrinsik yang tercantum sebelumnya. Dan itu juga sama sekali bukan
panduan lengkap untuk menjual NFT Anda, yang akan kita bahas di Bab 7 ,
“Menjual NFT.”
Pada
Januari 2005, seorang pria bernama Dave Roth secara tidak sengaja membuat
sejarah Internet dengan mengambil foto putrinya yang berusia 4 tahun, Zo, berdiri
di depan sebuah rumah yang terbakar dengan nakal melihat ke belakang ke
kamera. Foto itu menyebar seperti api dan menjadi meme "Gadis
Bencana", salah satu meme yang paling dikenal dalam sejarah. Enam
belas tahun kemudian, foto asli dijual sebagai NFT seharga 180 ETH (atau lebih
dari $700.000 pada saat penulisan ini).
Meskipun kami tidak tahu mengapa @3FMusic membeli NFT, kami dapat berasumsi bahwa itu karena reputasi
dan signifikansi historisnya, daripada jaminan masa depan atau cerita yang
menarik.
Nilai
yang ditempatkan pada NFT mungkin masih tampak seperti teka-teki bagi
Anda. Tidak lebih dari penilaian acak yang ditarik keluar dari
topi. Dalam bab berikutnya, kita akan mengeksplorasi secara lebih rinci
mengapa NFT memiliki nilai.
Paling
tidak, Anda sekarang harus memahami mengapa orang mengumpulkan, apa itu NFT,
berbagai jenis NFT, aspek NFT, dan beberapa elemen ekstrinsik yang membuat NFT
menarik.
Sekarang, ke nilai NFT.
Comments
Post a Comment